Brigjen TNI Maruli Simanjuntak Resmi Jabat Komandan Paspampres

Rabu, 19 Desember 2018 - 12:25 WIB
Brigjen TNI Maruli Simanjuntak Resmi Jabat Komandan Paspampres
Brigjen TNI Maruli Simanjuntak Resmi Jabat Komandan Paspampres
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspamres) dari Mayjen TNI Mar Suhartono kepada Brigjen TNI Maruli Simanjuntak, di Lapangan Mako Paspampres, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Hadi menegaskan sertijab menandai regenerasi kepemimpinan. Tidak hanya merupakan bagian dari pembinaan organisasi tetapi juga pembinaan personel.

“Diharapkan dengan pembinaan tersebut, kualitas dan kapasitas personel serta satuan semakin meningkat. Kita harus menyadari bahwa peningkatan tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka melaksanakan tugas, terutama menghadapi spektrum ancaman yang semakin kompleks,” kata Hadi dalam siaran pers Pusat Penerangan TNI.

Dia menjelaskan, tugas pokok Paspampres sangat menantang, yaitu melaksanakan pengamanan secara fisik langsung, jarak dekat dan setiap saat kepada presiden, wakil presiden dan mantan presiden serta wakil presiden beserta keluarganya.

“Harus memberikan perlindungan kepada tamu negara setingkat kepala negara, atau kepala pemerintahan beserta keluarganya, objek VVIP, serta tugas-tugas protokoler khusus kenegaraan,” tuturnya.

Tantangan Paspampres lainnya, kata dia, harus menunjukkan standar kemampuan sehingga dapat membangun profil Paspampres yang disegani.

“Kemampuan ini menunjukkan profesionalitas dan keberhasilan dalam setiap pengamanan VVIP, dengan sendirinya mencerminkan kewibawaan negara di mata dunia,” tandasnya.

Menurut dia, tugas seorang Paspamres memiliki kekhususan dan kekhasan. "Saya yakin seluruh anggota Paspamres sudah menyadarinya,” ujar Hadi.

Dia mengingatkan setiap langkah dan tindakan yang diambil memiliki nilai-nilai multidimensional. Paspampres adalah perisai sekaligus etalase simbol negara dan simbol pemerintahan.

"Di balik kesiapsiagaan dan kewaspadaan setiap saat saudara-saudara dituntut untuk menampilkan tata krama, sopan santun, ramah, sekaligus tegas dan tidak ragu-ragu bertindak jika diperlukan,” katanya.

Hadi menegaskan tantangan yang dihadapi saat ini semakin kompleks. Kemajuan teknologi serta perubahan paradigma dalam memandang persoalan, termasuk dalam penggunaan berbagai instrumen yang tersedia, menuntut Paspampres untuk tidak berpuas diri.

“Keberhasilan pengamanan yang telah dilaksanakan selama ini hendaknya memacu Paspampres dalam terus menerus memperbaiki dan menyempurnakan seluruh taktik, teknik, dan prosedur yang ada,” ujarnya.

Menurut dia, evaluasi harus dilaksanakan setiap saat dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari tugas-tugas keseharian.

"Hanya dengan evaluasi secara jujur dan menyeluruh, kita dapat mengetahui kelemahan dan dapat mengambil langkah untuk mengeliminasi kelemahan tersebut,” tuturnya.
Sebelum menjabat Danpaspampres, menantu Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Panjaitan ini menjabat Kasdam IV/Diponegoro.Baginya tugas sebagai pengawal Paspampres bukan hal baru. Dia pernah menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres pada tahun 2014.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6108 seconds (0.1#10.140)