Yamaha Siapkan MT-07 dengan Teknologi Gear Semi Otomatis

Senin, 22 April 2024 - 06:16 WIB
loading...
Yamaha Siapkan MT-07 dengan Teknologi Gear Semi Otomatis
Yamaha MT-07. FOTO/ RIDEAPART
A A A
TOKYO - Sistem E-Clutch yang diperkenalkan Honda pada mesin CBR650R dan CB650R 2024 mencuri perhatian karena menjadi alternatif sistem gigi konvensional yang lebih kompleks dan DCT (Dual Clutch Transmision).



Sistem E-Clutch juga menjadi upaya Honda untuk memastikan pengendara mendapatkan pengendalian mesin yang optimal selain lebih praktis.

Dalam perkembangan terkini, pesaing utamanya, Yamaha, juga disinyalir sedang mengembangkan teknologi yang sama berdasarkan paten terbaru yang diajukan belum lama ini.

Berdasarkan paten tersebut, Yamaha sedang mengembangkan gigi semi-otomatis untuk model MT-07.

Namun, jika sistem E-Clutch milik Honda tetap mempertahankan tuas kopling dan pedal persneling, sistem persneling pada Yamaha hanya menggunakan tombol di 'stang' dan tidak ada tuas kopling dan pedal persneling di kaki.

Sketsa paten tersebut juga dengan jelas membuktikan tidak adanya tuas kopling dan pedal persneling di bagian kaki.

Yamaha memperkenalkan sistem serupa – yang dikenal sebagai YCC-S (Yamaha Chip Controlled Shifting) – pada tahun 2006 melalui FJR1300 namun model tersebut tetap mempertahankan tuas kopling dan pedal persneling kaki.

Yang pasti, sistem E-Clutch yang dikembangkan Honda dinilai menjadi katalis bagi Yamaha untuk juga memperkenalkan sistem persneling yang lebih inovatif pada MT-07 yang juga menjadi pesaing CBR650R dan CB650R.

Pada saat yang sama, karena mesin parallel-twin juga digunakan pada YZF-R7 dan Tenere 700, ada kemungkinan besar bahwa sistem yang sama juga akan diterapkan pada kedua model di masa depan seperti yang ditunjukkan pada sketsa paten kedua. sebuah R7.

Yamaha juga menyarankan agar sistem persnelingnya juga bisa digunakan dalam mode full otomatis tanpa harus menekan tombol atas dan bawah untuk berpindah gigi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)