Kubu Jokowi Klaim Ambil Alih Basis Suara Prabowo di Jawa Barat

Sabtu, 15 Desember 2018 - 06:06 WIB
Kubu Jokowi Klaim Ambil Alih Basis Suara Prabowo di Jawa Barat
Kubu Jokowi Klaim Ambil Alih Basis Suara Prabowo di Jawa Barat
A A A
BANDUNG - Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) Jawa Barat mengklaim sukses mengambil alih basis-basis suara Prabowo-Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandi).

Hal itu ditandai dengan hasil survei yang menunjukkan adanya perubahan basis suara jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dibandingkan saat Pilpres 2014 lalu dimana Prabowo unggul atas Jokowi saat itu.

"Seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Purwakarta, Subang, dan Karawang yang saat itu (Pilpres 2014) menjadi basis suara Prabowo. Sekarang sudah aman ada pada kita," ungkap Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Dedi Mulyadi di sela-sela Rapat Kerja TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar di Kota Bandung, Jumat (14/12/2018).

Bahkan, lanjut Dedi, dengan pergerakan yang masif seluruh organ TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar dibantu seluruh calon anggota legislatif (caleg) partai politik (parpol) pengusung Jokowi-Ma'ruf, pihaknya juga telah menguasai kawasan Priangan hingga Jabar selatan yang pada 2014 lalu juga menjadi lumbung suara bagi Prabowo Subianto.

Dedi menjelaskan, perubahan peta kekuatan politik tersebut terungkap dari hasil survei internal TKD Jokowi-Ma'ruf Jabar. Meski tidak merinci secara detail, namun Dedi menegaskan, Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo-Sandi di Jabar.

"Survei terbaru ada peningkatan, namun selisihnya memang tidak terlalu terpaut jauh," katanya.

Namun begitu, Dedi mengakui, pihaknya masih mewaspadai wilayah-wilayah di kawasan perbatasan dengan DKI Jakarta, seperti Bogor, Depok, dan Bekasi yang menurutnya masih menjadi basis suara Prabowo-Sandi.

"Hanya saja yang masih bahaya itu ada di sekitar perbatasan DKI Jakarta," ungkapnya.

Untuk memaksimalkan raihan suara Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, termasuk merebut basis suara Prabowo-Sandi di wilayah perbatasan DKI Jakarta, pihaknya bakal menggenjot kampanye terkait keberhasilan program-program Jokowi di periode pertama pemerintahannya.

"Bulan Januari (2019) sudah start melakukan operasi darat di berbagai daerah di Jabar," katanya.

"Saya juga akan perintahkan seluruh caleg parpol koalisi untuk melakukan hal yang sama," sambung Dedi.

Pada kesempatan itu, Dedi juga menegaskan, persiapan logistik dan akomodasi jelang pertarungan Pilpres 2019 sudah aman dan siap digunakan untuk mendukung serangan darat pada Januari 2019 mendatang.

"Kami juga sudah siapkan akomodasi untuk saksi. Orang-orang yang akan menjadi saksi di TPS (tempat pemungutan suara) pun sudah dalam posisi siap," tandasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8984 seconds (0.1#10.140)