Hujan Deras Guyur Gunung Semeru, Seorang Warga Tewas Tertimbun Longsor

Jum'at, 19 April 2024 - 10:47 WIB
loading...
Hujan Deras Guyur Gunung Semeru, Seorang Warga Tewas Tertimbun Longsor
Petugas dan tim SAR gabungan mengevakuasi korban tertimbun longsor di Dusun Sriti, Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur. Foto/Istimewa
A A A
LUMAJANG - Seorang warga Lumajang Ngatmini (50) tewas tertimbun longsor , Jumat (19/4/2024). Korban merupakan warga Dusun Sriti, Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

Kapolsek Pronojiwo Iptu Wahono Puji Santoso menyatakan, longsor terjadi sekitar pukul 19.30 WIB saat hujan deras melanda kawasan Pronojiwo, termasuk di lereng Gunung Semeru .

"Longsor di Lumajang yang disebabkan hujan deras menewaskan seorang warga. Peristiwa ini pada Kamis (18/3) sekitar pukul 19.30 WIB," ujar Iptu Wahono.



Iptu Wahono menyebutkan, saat kejadian korban dan suaminya Fatur Rohim tengah tidur di kamar ketika hujan intensitas tinggi turun. Rumah pasangan suami istri (pasutri) ini memang terletak di depan tebing.

"Tetangganya bernama Poniman ini berinisiatif mendatangi rumah korban untuk membangunkannya. Diajak untuk mengungsi karena khawatir akan terjadi longsor," ucapnya.

Saat masuk ke dalam rumah, tiba-tiba saja terjadi longsor dari tebing di belakang rumah korban dan suaminya. Poniman dan Fatur Rohim berhasil menyelamatkan diri, sedangkan Ngatmini tidak berhasil menyelamatkan diri hingga tertimbun longsor.

Korban dievakuasi sekitar pukul 22.37 WIB oleh petugas dan tim SAR gabungan. Ngatmini ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, langsung diserahkan ke pihak keluarga untuk proses pemakaman.



Sebagai informasi, tingginya curah hujan di wilayah sekitar Gunung Semeru dan Kecamatan Pronojiwo, membuat longsor di beberapa lokasi. Jalan Raya Malang - Lumajang di Piket Nol, juga longsor sehingga akses jalan raya dari Malang ke Lumajang maupun sebaliknya terputus sejak Kamis malam (18/4/2024).

Hujan deras juga membuat banjir lahar dingin dari sungai-sungai yang berhulu di Gunung Semeru. Akibatnya puluhan warga di Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, sempat dilaporkan mengungsi terkena imbasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4525 seconds (0.1#10.140)