alexametrics

KORAN SINDO Masuk Daftar Surat Kabar Berbahasa Indonesia Terbaik

loading...
KORAN SINDO Masuk Daftar Surat Kabar Berbahasa Indonesia Terbaik
KORAN SINDO mendapatkan penghargaan sebagai salah satu media massa cetak berbahasa Indonesia terbaik oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud. Foto/KORAN SINDO
A+ A-
JAKARTA - KORAN SINDO kembali meraih penghargaan bergengsi. Kali ini media cetak yang sudah berkiprah selama 13 tahun itu dinobatkan sebagai salah satu surat kabar terbaik dalam penggunaan bahasa Indonesia.

Penghargaan itu diberikan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Gedung Sasadu, Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta, Senin 10 Desember 2018.

Salah seorang Dewan Juri Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa, Meity Taqdir Qodratillah mengatakan, sebelum memberikan penghargaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa terlebih dahulu melakukan seleksi serta penilaian terhadap seluruh media cetak yang ada di Indonesia.



"Kami lakukan sekitar satu bulan lebih untuk menilai semua surat kabar cetak yang ada di seluruh Provinsi di Indonesia. Terlebih surah kabar yang memuat editorial," tutur Meity.

Penjurian dikatakannya juga melibatkan insan pers. "Dalam penilaian, kita hanya mencantumkan tulisan, tidak dengan nama surat kabarnya untuk menjaga independensi juri dari kalangan jurnalis," sebut Meity.





Beberapa kriteria penilaian yang dilakukan antara lain mengenai tata bahasa yang baik dan benar, penulisan serta kesalahan dalam sebuah penulisan."Dari hasil penilaian kita, masih ada beberapa media cetak yang salah ketik dalam penulisan," ujarnya.Berdasarkan hasil penilaian yang cukup panjang serta lewat perdebatan, kata Meity, diperoleh 10 surat kabar yang dianggap menggunakan bahasa Indonesia secara baik.
"Surat kabar cetak itu di antaranya, Media Indonesia, Republika, Bisnis Indonesia, Pikiran Rakyat, Tribun Jabar, KORAN SINDO,Warta Kota, Lampung Post, Suara Pembaruan, Tabengan," tuturnya.Penghargaan juga diberikan kepada Koran Tempo dan Kompas karena dinilai berdedikasi dalam berbahasa Indonesia dan telah memperoleh peringat pertama minimal tiga kali dalam penilaian penggunaan bahasa Indonesia.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak