Youtuber Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Pembangunan Masjid di Korea Selatan

Kamis, 18 April 2024 - 22:03 WIB
loading...
Youtuber Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Pembangunan Masjid di Korea Selatan
Youtuber Korea Selatan, Daud Kim, diduga melakukan penipuan lewat open donasi untuk membangun masjid di negaranya. Foto/Instagram Daud Kim
A A A
SEOUL - Nama Daud Kim mendadak viral di jagat maya. Pasalnya, Youtuber Korea Selatan ini diduga melakukan penipuan lewat open donasi untuk membangun masjid di negaranya.

Seperti diketahui, Daud Kim merupakan seorang mualaf yang sempat mengumumkan rencananya untuk membangun masjid di Korea Selatan lewat salah satu konten di akun YouTubenya. Dalam keterangan konten tersebut, Daud Kim tampak menyematkan akun Paypal yang diduga langsung masuk ke rekening pribadinya.

Informasi tentang dugaan aksi penipuan yang dilakukan Daud Kim salah satunya dibagikan oleh akun X @tanyalr baru-baru ini. Akun tersebut lantas mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap Daud Kim, terlebih jika berniat melakukan donasi.



“Guys, bagi yang mungkin belum tahu. Daud Kim, ‘mualaf’ asal Korea yang katanya mau bikin masjid di Korea. Please, hati-hati kalau mau donasi,” tulis cuitan akun @tanyarlfes, dikutip Kamis (18/4/2024).

Akun tersebut turut membagikan salah satu postingan Instagram selebgram mualaf asal Korea Selatan, Ayana Moon, yang menjelaskan tentang salah satu peraturan di Negeri Ginseng terkait larangan donasi pribadi. Menurut keterangan postingan selebragam tersebut, di Korea Selatan, warga tidak boleh menerima donasi lewat akun pribadi dengan nilai lebih dari 10.000.000 KRW atau sekitar Rp120 juta.

“Daud Kim ini salah satu youtuber Korea paling "pintar" dan "bahaya", bahkan mba Ayana Moon (seleb Korea mualaf lain) pun melarang kalo mau donate sama ni orang, track recordnya udah seburuk itu di sana,” kata akun X @ecaesarp.

Kecurigaan netizen terhadap Daud Kim pun semakin menjadi-jadi mengingat latar belakangnya yang penuh dengan kontroversi satu per satu mulai terbongkar. Salah satunya lewat cuitan dari aktivis politik Austin Bashore melalui akunnya, @BashoreForOhio, yang sempat menceritakan bagaimana sikap asli Daud Kim saat hadir di acara Free Palestine di Seoul.

Menurut Bashore, di momen tersebut Daud Kim hanya sibuk berselfie dan mengambil video dirinya sendiri. Daud Kim seolah berpartisipasi dalam acara itu, padahal ia langsung pergi meninggalkan acara.
Youtuber Daud Kim Diduga Lakukan Penipuan Donasi Pembangunan Masjid di Korea Selatan

X@tanyarlfes



Hal ini semakin meyakinkan netizen bahwa sang Youtuber diduga hanya membuat konten seolah-olah akan membangun masjid di Jung-gu, tetapi tidak benar-benar merealisasikannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1651 seconds (0.1#10.140)