alexametrics

Agar Maju Butuh Sinergisitas Antara Para Pelaku Usaha

loading...
Agar Maju Butuh Sinergisitas Antara Para Pelaku Usaha
Pelaku UMKM juga diajari bagaimana memasarkan produk mereka, membuat laporan keuangan, dan diberi pengetahuan bagaimana mendapatkan akses permodalan. Foto/Ilustrasi/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Sedikitnya 500 warga di wilayah Jakarta Selatan mengikuti penyerahan sertifikat OK OCE kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang di hadiri pula oleh anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Rendhika D Harsono.Untuk mendapatkan sertifikat ini, warga telah terlebih dulu mengikuti pelatihan atau workshop. Rendhika mengatakan, sebagai anggota dewan dirinya berkewajiban memastikan apakah program unggulan OKE OCE yang digagas Pemprov DKI berjalan dengan baik."Kami turun ke masyarakat untuk memastikan apakah program OKE OCE yang sekarang berganti nama menjadi Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT) berjalan dengan baik," kata Rendhika, Sabtu (8/12/2018).
Diketahui, para pelaku UMKM memerlukan pelatihan bertahap yang lebih mendalam, seperti bagaimana menciptakan produk-produk yang menarik dan dapat bersaing dengan produk kompetitor.

"Kami dan Coach Faransyah yang berlatar belakang pengusaha menjadi mentor wirausaha. Kami memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya pelaku UMKM, di antaranya bagaimana membuat perizinan, pemasaran yang menarik dan pembukuan yang tertib. Dengan begitu produk hasil UMKM akan dilirik konsumen," tuturnya.

Tidak hanya itu, pelaku UMKM juga diajari bagaimana caranya memasarkan produk-produk mereka, membuat laporan keuangan, dan diberi pengetahuan bagaimana mendapatkan akses permodalan.



Ungkap anggota DPRD DKI Jakarta ini yang akan maju ke Senayan DPR RI di 2019, tidak hanya di lakukan di Jakarta selatan saja. Dirinya juga menginisiasi kegiatan serupa di wilayah seluruh DKI Jakarta.Lanjut Rendhika, para peserta pelatihan UMKM dari seluruh perwakilan wilayah di Jaksel dipertemukan dalam sebuah acara bertajuk 'Wisata dan Wirausaha' yang digelar di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.
Di kesempatan itu, 500 pelaku UMKM berkumpul dan sebagian mendapatkan sertifikasi. Jelasnya, peserta pelatihan diikuti berbagai kalangan, yaitu pemuda sampai ibu runah tangga.

Rendhika bersyukur, saat berada di acara tersebut, para peserta saling berkenalan, bertukar pengalaman dan berbagi ilmu sekaligus memperkenal nama baru OK OCE menjadi PKT (Pengembangan Kewirausahaan Terpadu) sesuai dengan Pergub 102 tahun 2018 DKI Jakarta."Mereka kami pertemukan di acara ini dengan harapan akan tercipta sinergisitas untuk kemajuan usaha mereka," imbuhnya.
Sementara itu, Chandra Winata Alamsyah, koordinator Coach Wirausaha DKI Jakarta mengatakan acara seperti ini sangat diperlukan oleh masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

"Masyarakat sangat membutuhkan pelatihan dan pendampingan seperti ini. Jiwa enterpreuner mereka ada, tapi karena keterbatasan, ya tidak bisa berkembang," ujar Chandra.

Katanya, dari hasil evaluasi selama pelaksanaan dan permintaan masyarakat, sepertinya program 'Maju Usahanya, Bahagia Warganya' akan dipertahankan dengan waktu yang tidak ditentukan.

"Kami akan berusaha berbagi dengan masyarakat. Apa yang bisa kami beri akan kami lakukan," tandasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak