Tata Cara dan Niat Salat Sunah Syawal

Kamis, 18 April 2024 - 12:57 WIB
loading...
Tata Cara dan Niat Salat Sunah Syawal
Tata cara dan niat salat sunah Syawal. Ilustrasi: Ist
A A A
Tata cara dan niat salat sunah Syawal atau salat utaqo dijelaskan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani dalam kitabnya Al-Ghunyah juz 2, berdasarkan hadis Nabi dari Anas ra.

Diterangkan pada hadis tersebut dengan cukup detail, mulai dari ketentuan rakaat, surat Al-Qur’an yang perlu dibaca, hingga keutamaannya.

Bacaan Niat Salat Utaqo

أُصَلِّى سُنَّـــةَ اْلعُــتَــقَـاءِ رَكْـعَـتَــيْـنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal 'utaqai rak'ataini lillahi ta'ala.

Artinya: Saya niat salat sunnah utaqo dua rakaat karena Allah Ta'ala.

Salat di bulan Syawal ini adalah salat sunah mutlak, dikerjakan sebanyak 8 rakaat, 4 salam. Artinya, dilakukan dua rakaat-dua rakaat. Bisa dikerjakan pada malam atau siang hari.

Setiap rakaat pada salat sunah Syawal dan setelah membaca Surat Al-Fatihah , bacalah 15 kali surat Al-Ikhlas . Setelah genap delapan rakaat, dilanjut dengan 70 kali bacaan tasbih dan 70 kali bacaan selawat .



Keutamaan salat sunah Syawal

Beberapa keutamaan dari salat sunah di bulan Syawal disebutkan lengkap dalam hadis Nabi. Di antaranya, Allah akan tunjukkan penyakit-penyakit dunia serta obatnya.

Di samping itu, Allah akan mengampuni dosa-dosanya sebelum ia mengangkat kepala setelah sujudnya, dan andaikan dia mati, maka dia mati dalam keadaan syahid yang dosanya telah diampuni.

Keutamaan yang lain yaitu Allah mudahkan perjalanannya hingga tempat yang dituju. Andaikan memiliki utang, maka utangnya akan terbayar, dan seandainya memiliki kebutuhan, Allah akan memenuhi kebutuhannya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)