Akibat Banjir dan Badai, Ribuan Warga Dubai Bertahan Tanpa Listrik, Internet dan Air Bersih

Rabu, 17 April 2024 - 19:40 WIB
loading...
Akibat Banjir dan Badai, Ribuan Warga Dubai Bertahan Tanpa Listrik, Internet dan Air Bersih
Banjir dan badai di Dubai melumpuhkan kota tersebut dan mengakibatkan banyak warga hidup tanpa listrik, internet dan air bersih. Foto/Reuters
A A A
DUBAI - Uni Emirat Arab (UEA) mengalami curah hujan tertinggi yang membuat warga bergulat dengan rumah-rumah yang terendam banjir. Banyak bangunan, vila, dan komunitas townhouse di Sharjah dan Dubai tidak mendapat aliran listrik setelah hujan lebat dan badai besar.

Beberapa blok apartemen di Kawasan Al Majaz di Sharjah telah tanpa listrik dan internet karena banjir yang dimulai pada Selasa sore, menyebabkan air hujan mengalir ke dalam gedung.

“Tidak ada listrik di gedung kami sejak jam tiga pagi. Oleh karena itu, kami juga tidak memiliki internet saat ini. Syukurlah, kami berhasil mengisi ember setelah listrik padam karena sekarang tidak ada pasokan air,” kata Umm-e-Aiman, warga Sharjah, dilansir Khalej Times.

Umm-e-Aiman melanjutkan, “Kami tidak bisa kemana-mana karena seluruh wilayah terendam banjir. Sebelumnya, kami biasa pergi ke mal atau berkeliling dengan mobil jika listrik di gedung kami mati. . Kami memiliki hypermarket yang hanya berjarak 50 meter, tetapi kami tidak dapat pergi ke sana karena seluruh jalan terendam banjir, dan kami bahkan tidak melihat jalan setapak untuk berjalan ke hypermarket tersebut."

Poonam Chawla, seorang warga Mudon, mengatakan mereka tidak memiliki internet sejak Selasa. “Setidaknya kami punya listrik, tapi sebagian masyarakat tidak punya. Kami tidak dapat melakukan apa pun sekarang – kami juga tidak dapat pergi ke kedai kopi karena jalanan terendam banjir. Kami tidak bisa keluar dari komunitas ini karena air merembes ke kendaraan roda empat; oleh karena itu, kami tidak bisa keluar rumah,” kata Chawla, yang sudah lama tinggal di Dubai.

Senada dengan Poonam, Umme-e-Aiman mengatakan putrinya juga tidak bisa mengikuti kelas online karena tidak ada listrik atau air. “Kemarin baik-baik saja, dan anak-anak bisa mengikuti kelas online. Namun hal itu tidak mungkin dilakukan saat ini, dan ini bukan hanya terjadi pada putri saya; banyak anak-anak lain di gedung tetangga kami tidak dapat melanjutkan pembelajaran jarak jauh mereka,” tambahnya.

Sementara itu, pihak berwenang dan masyarakat di seluruh Uni Emirat Arab (UEA) pada Rabu (17/4/2024) membersihkan puing-puing setelah hujan lebat menewaskan sedikitnya satu orang dan menyebabkan kerusakan pada rumah dan tempat usaha.

UEA mencatat rekor curah hujan sebesar 254 mm di Al Ain pada hari Selasa dalam waktu kurang dari 24 jam. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak sejak pencatatan dimulai pada tahun 1949, sebelum negara tersebut didirikan pada tahun 1971.

Meskipun hujan lebat telah mereda pada Selasa malam, gangguan terus berlanjut pada hari Rabu dengan maskapai penerbangan Emirates menunda check-in bagi penumpang yang berangkat dari bandara Dubai hingga tengah malam.

Bandara Internasional Dubai, salah satu bandara tersibuk di dunia, mengatakan pihaknya menghadapi gangguan signifikan setelah hujan lebat menunda atau mengalihkan penerbangan dan berdampak pada awak penerbangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)