2 PTN Akreditasi Unggul BAN PT di Jakarta, Mana Saja Itu?

Rabu, 17 April 2024 - 12:17 WIB
loading...
2 PTN Akreditasi Unggul BAN PT di Jakarta, Mana Saja Itu?
Hanya terdapat dua PTN Akreditasi Unggul di Jakarta. Dua kampus ini memang terkenal sebagai Perguruan Tinggi Negeri top. Foto/UI.
A A A
JAKARTA - Hanya terdapat dua PTN Akreditasi Unggul di Jakarta. Dua kampus ini memang terkenal sebagai Perguruan Tinggi Negeri top, tidak hanya di Jakarta namun juga di Indonesia.

Akreditasi memang jadi salah satu patokan seseorang untuk memilih universitas tujuan. Dari akreditasi inilah orang-orang dapat mengetahui seberapa lengkapnya sarana yang diberikan serta tingginya kualitas pendidikan yang dimiliki universitas.

Baca juga: 18 Jurusan Kuliah di Binus Akreditasi Unggul, Ada Prodi Pilihanmu?

Akreditasi Unggul sendiri merupakan tingkat yang tertinggi selain Akreditasi "A" yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Itulah mengapa banyak orang yang menginginkan kuliah di kampus yang memiliki akreditasi ini.

Tak heran jika persaingan masuk ke universitas yang memiliki akreditasi Unggul sangatlah ketat. Terlebih jika universitas tersebut merupakan PTN yang notabene memberikan biaya kuliah relatif terjangkau ketimbang Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Jakarta sebagai Kota Metropolitan sendiri menyediakan banyak PTN bergengsi seperti UI, UPN, UIN, hingga berbagai Politeknik dan Sekolah Tinggi. Namun dari banyaknya PTN yang ada di Jakarta hanya ada dua yang telah terakreditasi Unggul.

2 PTN Akreditasi Unggul BAN PT di Jakarta

1. Universitas Indonesia (UI)


UI mendapatkan Akreditasi Unggul dari BAN PT, yang tercantum dalam SK 40/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/I/2023. Akreditasi ini masih berlaku hingga tanggal 28 Desember 2027 mendatang.

Universitas Indonesia yang telah ada sejak 1849, membuatnya jadi representasi institusi pendidikan dengan sejarah tertua di Asia. Tidak hanya itu, kampus ini juga selalu menjadi yang terdepan dan terbaik dalam jajaran universitas terbaik di Indonesia menurut berbagai Lembaga pemeringkatan dunia.

Misalnya saja dalam versi Webometrics, The WUR, dan QS AUR di tahun 2024, Universitas Indonesia menempati peringkat pertama diikuti dengan Universitas Gajah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Baca juga: Top! Universitas Maranatha Raih Akreditasi Unggul dan Internasional

Tidak hanya itu, UI juga masuk sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut survei yang dilakukan Scimago tahun 2024. Tak heran jika persaingan untuk masuk ke kampus ini sangatlah ketat.

2. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ mendapat akreditasi Unggul dari BAN PT melalui SK 45/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021. Akreditasi ini masih berlaku hingga tanggal 2 Februari 2026.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4971 seconds (0.1#10.140)