Dibuka Juni 2024, Ini 5 Berkas yang Perlu Disiapkan untuk Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2

Rabu, 17 April 2024 - 10:00 WIB
loading...
Dibuka Juni 2024, Ini 5 Berkas yang Perlu Disiapkan untuk Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2
Bagi calon pendaftar beasiswa LPDP tahap 2, ada sejumlah berkas yang perlu disiapkan, salah satunya sertifikat berbahasa Inggris IELTS. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ini 5 berkas penting yang perlu disiapkan untuk mendaftar beasiswa LPDP tahap2 tahun 2024. Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Lembaga Pendidikan (LPDP) 2024 Tahap 1 telah ditutup. LPDP membuka kesempatan kedua lewat beasiswa LPDP Tahap 2 yang dibuka sekitar bulan Juni 2024. Bagi yang berniat daftar LPDP tahap 2, ada sejumlah berkas yang wajib disiapkan. Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Berkas yang Penting Disiapkan untuk Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2


1. Esai


Salah satu syarat penting yang harus dilengkapi adalah esai. Esai yang dapat mendukung untuk lolos beasiswa LPDP harus powerful atau kuat. Isi dari esai harus bermakna, peserta dapat mencantumkan hal berikut dalam esai.

Perkenalan diri, pengalaman kerja, dan prestasi yang relevan. Komitmen kembali ke Indonesia Rencana kontribusi di Indonesia pasca studi Esai berisi 1500 - 2000 kata

2. Sertifikat Bahasa Inggris IELTS


Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, tentunya membutuhkan sertifikat tes bahasa yang relevan. Pada beasiswa LPDP, sertifikat bahasa yang dibutuhkan adalah IELTS. Skor IELTS harus memenuhi syarat universitas yang dituju untuk bisa lolos. Biasanya, rata-rata skor yang diminta adalah 6.5 - 7.0.


3. Surat rekomendasi


Surat rekomendasi bisa didapatkan dari tokoh masyarakat, akademisi/dosen, ataupun atasan kerja. Jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi yang menjelaskan kemampuan diri peserta dari berbagai sudut pandang. Surat rekomendasi dapat disampaikan dengan dua cara, yaitu surat rekomendasi online form dan surat rekomendasi offline form.

4. LoA (Letter of Acceptance)


Meski sifatnya tidak wajib, melampirkan LoA dari universitas yang ada di daftar kampus LPDP tujuan dapat membantu peserta mendapatkan nilai plus. Selain itu, jika peserta melampirkan LoA, peserta dapat melewati satu tahap seleksi yaitu tes skolastik.

5. Dokumen pendukung


Setelah memastikan berkas-berkas penting di atas, dokumen pendukung berikut tak kalah penting dan dapat menjadi poin plus kalau tidak terlewat.

• Kartu Tanda Penduduk (KTP)

• Scan ijazah dan transkrip nilai

• Dokumen penyetaraan ijazah dan konversi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) atau Kementerian Agama (Kemenag) bagi lulusan luar negeri. • Surat pendaftaran pada aplikasi pendaftaran Surat usulan dari pejabat yang membidangi Sumber Daya Manusia (untuk pendaftar PNS/TNI/POLRI) Proposal penelitian (untuk pendaftar S3)
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)