alexametrics

Kapolri: Akar Masalah di Papua Adalah Kesejahteraan

loading...
Kapolri: Akar Masalah di Papua Adalah Kesejahteraan
Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai, akar peristiwa penembakan terhadap pekerja pembangun jembatan di jalur Trans Papua adalah persoalan kesejahteraan. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menilai, akar peristiwa penembakan terhadap pekerja pembangun jembatan di jalur Trans Papua adalah persoalan kesejahteraan. Menurut Tito, pemerintah telah berupaya menyelesaikan persoalan Papua dengan pendekatan kesejahteraan.

"Akar masalah utama dari aksi kekerasan bersenjata oleh kelompok-kelompok ini terutama karena memang masalah pembangunan, masalah kesejahteraan," kata Tito di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Tito menambahkan, pemerintahan Joko Widodo memiliki tekad baja untuk membangun papua. Hal itu ditunjukkan dengan upaya presiden mengerahkan TNI hingga Kementerian PUPR untuk melaksanakanproyek pembangunan jalan Trans Papua yang di era pemerintahan sebelumnya sulit terwujud.



"Saya pernah Kapolda Papua dua tahun, mereka menunggu pembangunan ini. Ini yang membuka akses pada mereka. Tapi ya kelompok-kelompok ini seringkali mereka nggak sabar, menunjukkan eksistensi, terus mungkin juga mereka menikmati karena ditakuti, memberikan status sosial bersenjata," kata Tito.

Tito menjelaskan ada 20 orang yang menjadi korban pembunuhan KKB. Jumlah itu terdiri dari 19 orang pekerja Trans Papua dan satu orang lainnya adalah anggota TNI.

"Informasi sementara adalah 20. 19 pekerja, dan 1 anggota TNI yang gugur. Karena setelah mereka melakukan pembunuhan dengan cara biadab pada pahlawan-pahlawan pembangunan ini, setelah itu hari berikutnya mereka mnyerang pos TNI di Mbuma," kata Tito.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak