Rusia Murka Didesak Israel untuk Kutuk Serangan Iran

Selasa, 16 April 2024 - 20:45 WIB
loading...
Rusia Murka Didesak Israel untuk Kutuk Serangan Iran
Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia Maria Zakharova mengecam seruan Duta Besar Israel untuk Moskow Simona Halperin agar Kremlin mengutuk serangan Iran terhadap Israel.

Duta Besar Simona Halperin sebelumnya mengatakan kepada kantor berita Rusia RIA Novosti bahwa negaranya mengharapkan “rekan-rekan Rusia kami mengutuk serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya di wilayah Israel.”

Dia juga dilaporkan berharap Moskow akan melawan “upaya Iran untuk mengganggu stabilitas kawasan.”

Dalam postingan di saluran Telegramnya pada Minggu, juru bicara Maria Zakharova menjawab, “Simona, ingatkan saya ketika Israel mengutuk satu serangan pun yang dilakukan rezim Kiev di wilayah Rusia? Anda tidak tahu? Aku juga tidak."

Zakharova juga mengutip, “Pernyataan rutin yang mendukung tindakan (Presiden Ukraina Volodymyr) Zelensky yang dilakukan oleh para pejabat Israel.”

Perang antara Rusia dan Ukraina memasuki tahun ketiganya dua bulan lalu. Negara-negara Barat terus memasok senjata untuk Kiev meski Ukraina telah mengalami banyak kekalahan di medan perang.

Eskalasi Berbahaya


Dalam pernyataan pada Minggu, Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan “keprihatinan yang ekstrim terhadap eskalasi berbahaya lainnya di Timur Tengah.”

“Kami mengimbau semua pihak yang terlibat untuk menahan diri. Kami mengharapkan mereka menyelesaikan masalah yang ada melalui cara politik dan diplomatik,” papar Kemlu Rusia.

Teheran pada Sabtu melancarkan serangan langsung pertamanya terhadap Israel dalam sejarah. Iran mengerahkan drone dan rudal sebagai tanggapan atas serangan rudal Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus pada 1 April 2024.

Serangan Israel tersebut mengakibatkan kematian tujuh anggota Garda Revolusi Iran, termasuk Jenderal Mohammad Reza Zahedi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0913 seconds (0.1#10.140)