alexametrics

Bali Democracy Forum, Membangun Demokrasi Menyejahterakan

loading...
Bali Democracy Forum, Membangun Demokrasi Menyejahterakan
Pengamat Internasional (Menulis dari Gambia), Al Busyra Basnur. Foto/KORAN SINDO
A+ A-
Al Busyra Basnur

Pengamat Internasional (Menulis dari Gambia)





DEMOKRASI penting untuk memajukan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena demokrasi adalah alat mencapai keadilan sosial, perdamaian, dan kemakmuran bangsa. Hal itu dikatakan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi ketika berbicara pada Bali Democracy Forum X, 2017. Retno juga mengingatkan bahwa demokrasi harus dimulai dari lingkungan yang paling kecil, yaitu keluarga. Di dalam keluarga nilai-nilai demokrasi harus dilahirkan, diterapkan, dan dikembangkan.



Kita tentu sepakat bahwa rumah adalah istana sekaligus powerhouse demokrasi yang harus dikembangkan dan menyinari bangsa-bangsa dunia menuju sejahtera bersama. Minggu ini, Kamis, dan Jumat, 6–7 Desember 2018, atau sekitar empat bulan sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum Indonesia, Pemerintah Indonesia menyelenggarakan Bali Democracy Forum (BDF) XI di Bali. Forum tahunan yang diselenggarakan sejak 2008 itu mengangkat tema Democracy for Prosperity.



Bersamaan dengan forum tersebut dan merupakan bagian tidak terpisahkan dari BDF XI diselenggarakan pula Bali Democracy Students Conference II (BDSC II) dengan tema Democracy for Prosperity: Youth Perspective dan Bali Civil Society and Media Forum (BCSMF) 2018 bertema Democracy Disfigured and the Prospect of Prosperity.









Meningkat

BDF adalah forum terbuka dan inklusif. Forum ini bertujuan memperkuat arsitektur dan memajukan demokrasi melalui sharing experience and best practices yang merupakan karakter BDF. Pada forum ini, delegasi negara dan organisasi internasional membicarakan semua hal yang dinilai penting berkaitan dengan upaya-upaya bersama memajukan demokrasi dunia.

halaman ke-1 dari 4
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak