10 Atlet Jateng Perkuat Kontingen Indonesia di Special Olympics Bangladesh

Selasa, 16 April 2024 - 01:01 WIB
loading...
10 Atlet Jateng Perkuat Kontingen Indonesia di Special Olympics Bangladesh
10 Atlet Jateng Perkuat Kontingen Indonesia di Special Olympics Bangladesh. Foto: MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Sebanyak 10 atlet bertalenta khusus (penyandang disabilitas intelektual) dari Jawa Tengah ikut berkompetisi di ajang Special Olympics Asia Pasific South Asia Unified Football Competition di Dhaka, Bangladesh. Mereka mewakili Indonesia di ajang internasional itu.

Pelepasan kontingen atlet disabilitas itu dilakukan di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Senin (15/4/2024) oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno.

“Harapannya mereka bisa berprestasi di sana, ini juga jadi bagian eksistensi diri bahwa mereka mampu berprestasi,” kata Sumarno pada keterangan pers yang diterima, Senin (15/4/2024).

Keikutsertaan mereka dalam kompetisi, kata Sumarno, juga sebagai sarana sosialisasi masyarakat umum bahkan internasional.

"Karena anak-anak bertalenta khusus tidak butuh dikasihani, tetapi butuh difasilitasi agar bisa mengekspresikan talentanya," lanjutnya.

Selama ini, Sumarno menambahkan, Pemprov Jateng tidak hanya memfasilitasi atlet disabitas asal Jateng, tetapi juga atlet nasional yang akan berlaga di tingkat internasional. Apalagi, banyak atlet bertelanta khusus potensial asal wilayahnya yang mendapatkan prestasi pada kejuaraan baik level nasional maupun internasional.

Wakil Ketua Special Olympics Indonesia (SOIna) Jateng, Adi Nugroho mengatakan, delegasi yang akan berangkat ke Dhaka Bangladesh terdiri dari 10 atlet, 2 pelatih, dan 6 official.

Sebanyak 10 atlet tersebut antara lain berasal dari Kota Semarang, Surakarta, Wonogiri, dan Temanggung.

"Kebetulan yang ditunjuk oleh spesial Olympic Indonesia adalah Jawa Tengah. Hanya Jateng yang mewakili Indonesia, jadi ini kebanggaan buat kita karena dipercaya mewakili Indonesia di ajang internasional," jelasnya.

Para atlet sudah melakukan berbagai persiapan untuk menghadap kompetisi tersebut, bahkan selama Ramadan lalu juga melakukan latihan secara rutin.

Adi mengatakan, keberangkatan para atlet tersebut tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Jateng.

"Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jateng yang telah memfasilitasi mengantarkan kami menggunakan bus sampai ke Bandara Soekarno Hatta," kata Adi.

Usai dilakukan pelepasan, para kontingen menuju Jakarta menggunakan jalur darat, kemudian bertolak ke Bangladesh menggunakan pesawat terbang pada Senin (15/4/2024) malam.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3553 seconds (0.1#10.140)