TNI Bantu Dukungan Psikososial untuk Siswa di Sigi

Sabtu, 01 Desember 2018 - 18:03 WIB
TNI Bantu Dukungan Psikososial untuk Siswa di Sigi
TNI Bantu Dukungan Psikososial untuk Siswa di Sigi
A A A
JAKARTA - Tim Psikologi TNI memberikan dukungan psikososial kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 18 Sigi, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (1/12/2018).Kegiatan dukungan psikososial diikuti oleh 124 siswa-siswi, karena masih banyak yang belum masuk sekolah disebabkan adanya kekhawatiran dan kecemasan orang tua dan siswa-siswi akan terjadinya gempa susulan.
Tim Psikologi TNI juga menggelar ice breaking dan fun games kepada siswa-siswi yang bertujuan untuk melihat sejauh mana siswa-siswi tersebut dapat mengekplorasi diri, konsentrasi, kerja sama tim dan pemecahan masalah. Games yang diberikan antara lain permainan lampu merah, tepuk ganjil genap, roda gila, almost infinity circle dan lain-lain.

"Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Psikologi TNI tersebut dalam rangka mengetahui adanya kemungkinan perilaku maladaptif yang dilakukan oleh para siswa-siswi yang terdampak bencana alam, yang menjadi fokus penanganan lebih lanjut," tutur Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman dalam siaran persnya, Sabtu (1/12/2018).

Di samping itu, bantuan dukungan psikososial yang dilakukan oleh Tim Psikologi TNI antara lain meliputi sharing materi psikologi kepada para guru SMPN 18 Kabupaten Sigi tentang pola bimbingan konseling kepada orang tua dan siswa-siswi pasca bencana alam.

Materi-materi tersebut diberikan kepada para guru dengan harapan dapat memberikan konseling atau sharing kepada orang tua dan siswa-siswi untuk mencegah dan meminimalisasi efek kecemasan guru dan orang tua kepada para siswa-siswi.

Dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkan para guru dan orang tua mampu menemukan pola dan regulasi yang tepat dalam menumbuhkan minat belajar.Caranya dengan mengikis kecemasan pasca bencana alam dan hambatan psikologis lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya hambatan dalam belajar mengajar.
"Dengan demikian, bimbingan konseling menjadi bidang layanan khusus dalam membangun minat dan motivasi siswa-siswi yang diberikan oleh Tim Psikologi TNI," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4037 seconds (0.1#10.140)