alexametrics

Merayakan Bahasa di Bulan Bahasa

loading...
Merayakan Bahasa di Bulan Bahasa
Merayakan Bahasa di Bulan Bahasa. (Istimewa).
A+ A-
JIKA mendengar istilah "Bulan Bahasa", tentu sudah tidak asing lagi bukan? Ya, bangsa Indonesia memperingatinya setiap bulan Oktober.

Maka itu, bisa dikatakan bulan Oktober bukan bulan biasa. Lalu, mengapa harus pada bulan Oktober? Alasan Bulan Bahasa jatuh pada bulan Oktober merujuk pada sejarah bangsa. Pada bulan kesepuluh ini, tepatnya pada 28 Oktober, diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, yang di dalamnya ditetapkan pula bahasa kesatuan, bahasa Indonesia.

Saat ini Bulan Bahasa dimeriahkan dengan kegiatan seperti lomba menulis puisi, lomba menulis cerpen, lomba pidato, dan kegiatan kebahasaan lainnya. Berdasarkan data Badan Pengembangan Pembinaan Bahasa (BPPB) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah bahasa daerah di Indonesia sangat beragam, yaitu sebanyak 652 bahasa.



Ditambah penggunaan bahasa asing yang menambah keberagaman bahasa di Indonesia. Maka itu, pengutamaan bahasa Indonesia sangat diwajibkan bagi seluruh rakyat Indonesia. Cara lain yang dapat digunakan untuk menjaga bahasa kesatuan, yaitu dengan ikut berpartisipasi memeriahkan peringatan Bulan Bahasa.

Bulan Bahasa bukan hanya menjadi tugas BPPB, melainkan tugas seluruh elemen di Indonesia. Mulai dari pemerintah hingga rakyatnya. Tahun lalu pemerintah meluncurkan KBBI edisi terbaru sebagai wujud kepedulian terhadap kosakata bahasa Indonesia.

Tidak hanya pemerintah, banyak pemuda yang antusias turut serta pada kegiatan kebahasaan. Entah sebagai peserta atau penyelenggara acara. "Mengikuti kegiatan-kegiatan Bulan Bahasa adalah cara saya merayakan kelahiran bahasa Indonesia. Turut berpartisipasi di dalamnya seperti sebuah cara membangkitkan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia dalam diri saya.

Mungkin, salah satu alasan saya sedemikian merasa bangga dan beruntung bisa merayakan Bulan Bahasa karena saya merasakan benar manfaat serta vitalitas bahasa Indonesia sebagai penghubung antara warga negara Indonesia, dari Sabang sampai Merauke," ujar Ilham Rabbani yang setiap tahunnya menjadi peserta kegiatan Bulan Bahasa.

Pada 2016 ia mengikuti kegiatan Bulan Bahasa Universitas Gajah Mada (UGM). Pada tahun 2017 ia mengikuti kegiatan Bulan Bahasa di Balai Bahasa Yogyakarta dan tahun ini ia kembali menjadi peserta dan peraih juara 1 lomba menulis puisi di acara Bulan Bahasa UGM.

Pemuda ini mulai berinisiatif membuat acara yang menarik untuk memperingati Bulan Bahasa di sekolah maupun kampus. Salah satu contohnya adalah acara Bulan Bahasa UGM yang merupakan acara tahunan dan juga bagian dari salah satu program kerja Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia UGM untuk memperingati Sumpah Pemuda.

Beberapa perlombaan yang diadakan di kegiatan tersebut, antara lain Cipta Cerpen, Cipta Puisi, Penulisan Esai, dan Penulisan Feature. "Lomba-lomba tersebut jelas diadakan karena kami ingin masyarakat luas turut berpartisipasi dalam menyuarakan karya-karyanya melalui tulisan untuk memperingati Bulan Bahasa.

Di sini kami memfasilitasi karya-karya tersebut serta mengapresiasinya dengan adanya juara di setiap lomba,"sebut Agnes Vidita Arundati, Ketua Panitia Bulan Bahasa UGM 2018. Selain mengadakan perlombaan, Agnes dan timnya menjadi sukarelawan untuk mengajar di Panti Asuhan Rumah Buah Hati selama satu bulan pada September lalu.

"Kami mengajarkan anak-anak panti asuhan untuk membaca cerita, menulis dan membaca puisi, serta menyanyi dan menari. Kami juga membuka donasi untuk kemudian disalurkan ke Panti Asuhan Rumah Buah Hati," ujar Agnes yang saat ini menempuh studinya di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UGM.

"Kami ingin memperkenalkan bahasa dan sastra Indonesia ke masyarakat Indonesia, tidak terkecuali anak-anak. Kami juga ingin mengajarkan sastra dan bahasa sejak dini, dan dengan mengajar di panti asuhan, kami juga turut membantu anak-anak yang lebih membutuhkan," tambahnya.

Perayaan Bulan Bahasa dapat dilakukan dengan cara lain yang lebih menarik. Di antaranya, diskusi sastra, seminar, penampilan teater dan banyak lagi. "Kami menampilkan musikalisasi puisi, pembacaan puisi, monolog, penampilan anak-anak Panti Asuhan Rumah Buah Hati, teater singkat, dan ditutup dengan penampilan Umar Haen, musisi asal Yogyakarta pada pembukaan acara ini," ujarnya.

Selain lomba, ada juga seminar atau diskusi sastra, yakni dengan mengundang sastrawan Indonesia, Ayu Utami, sebagai narasumber. Diskusi Sastra Bersama Ayu Utami ini mengangkat tema "Perempuan, Kebebasan, dan Spiritualisme Kritis" dan diadakan pada 13 Oktober 2018 di Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Tahun ini mereka menghadirkan acara baru, yakni Membaca Sinema dan Lokakarya Penulisan Lirik Lagu. Membaca Sinema (Screening Film) diadakan pada 2 November 2018 di Sleman Creative Space dengan menayangkan film Kisah di Hari Minggu, Sepanjang Jalan Satu Arah, dan Prenjak , serta menghadirkan Bani Nasution dan Koloktif Film sebagai narasumber.

Sehari setelah acara Membaca Sinema, dihelat pula Lokakarya Penulisan Lirik Lagu bersama Ananda Badudu (eks Banda Neira) sebagai narasumber dan Danang Joedodarmo (Tashoora) sebagai moderator di Fakultas Ilmu Budaya UGM Terakhir, penutupnya adalah Malam Puncak Bulan Bahasa 2018 pada 10 November 2018 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta dengan menghadirkan Fajar Merah (putra Wiji Thukul) dan Teater Kami Bercerita (teater jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UGM) yang mementaskan naskah Arifin C Noer berjudul Dalam Bayangan Tuhan .

Peringatan Bulan Bahasa tidak hanya dimeriahkan oleh panitia acara, juga oleh para peserta. Hal ini dilihat dari antusias para pemuda setiap tahunnya dalam mengikuti acara Bulan Bahasa UGM.

"Peserta pada 2018 lebih besar dibandingkan tahun lalu, mengingat setiap tahunnya selalu ada pelonjakan jumlah peserta lomba. Jumlah peserta tahun ini mencapai sekitar 2.000 peserta," kata Agnes.

ARINI SHAFIA AFKARI
GEN SINDO-Universitas Indonesia
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak