Arus Balik Lebaran, Kepadatan Kendaraan di Jalur Gentong Capai 7 Kilometer

Sabtu, 13 April 2024 - 06:23 WIB
loading...
Arus Balik Lebaran, Kepadatan Kendaraan di Jalur Gentong Capai 7 Kilometer
Kepadatan arus balik di Jalur Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (12/4/2024) malam. FOTO/MPI/DANAN DAYA ARYA PUTRA
A A A
TASIKMALAYA - Arus balik Lebaran 2024 mulai terasa di Jalur Gentong , Tasikmalaya, Jawa Barat. Kepadatan volume kendaraan bahkan bisa mengular hingga 7 kilometer (km).

Bedasarkan pengamat MNC Portal Indonesia, kepadatan 7 kilometer itu dimulai dari pos pengamanan letter U Lingkar Gentong, Tasikmalaya hingga pertigaan Malangbong, Garut. Kepadatan didominasi kendaraan roda empat.

"Jadi antrean sebenarnya nyambung ya, sekarang itu nyambung mulai dari Malangbong wilayah Garut, sampai di sini wilayah Letter U (Gentong) nyambung, tapi tetap masih berjalan karena terlalu banyak volume kendaraannya mungkin agak tersendat-sendat demikian," kata Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Dede Iskandar kepada wartawan, Jumat (12/4/2024).



Lonjakan volume kendaraan yang melintas di Jalur Gentong, kata Iskandar, diperkirakan berlangsung sampai Minggu (14/4/2024). Sebab, menurutnya, pada Senin mayoritas masyarakat sudah kembali beraktivitas normal atau sudah masuk kerja.

"Jadi diprediksi, mulai hari ini Sampai hari Minggu, kita prediksi puncaknya hari Minggu," katanya.

Dengan adanya lonjakan volume kendaraan pada musim arus balik ini, polisi mengurangi kemacetan tersebut dengan menerapkan skema one way.



"Untuk lalu lintas arah Gentong terutama arah dari Tasik menuju Bandung sampai saat ini terjadi beberapakali kepadatan dan kita juga sudah tiga kali melakukan penarikan berupa one way ya," sambungnya.

Tak lupa pihaknya mengimbau agar para pengendara tetap berhati-hati ketika melintas di Jalur Gentong. Sebab jalur ini memiliki tanjakan dan belokan yang curam.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)