5 Penyakit yang Sering Kambuh setelah Lebaran, Waspada Kolesterol dan Hipertensi

Jum'at, 12 April 2024 - 10:00 WIB
loading...
5 Penyakit yang Sering Kambuh setelah Lebaran, Waspada Kolesterol dan Hipertensi
Ada beberapa penyakit yang cenderung sering kambuh setelah perayaan Lebaran. Mulai dari kolesterol, dan hipertensi yang terkait dengan perubahan pola makan. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyakit yang cenderung sering kambuh setelah perayaan Lebaran. Mulai dari kolesterol , dan hipertensi yang terkait dengan perubahan pola makan, kurangnya istirahat, dan peningkatan aktivitas sosial.

Sayangnya, tidak semua orang sadar akan bahaya kambuhnya deretan penyakit ini setelah Lebaran. Padahal, penting untuk tetap memperhatikan kesehatan selama perayaan Lebaran dan setelahnya.

Caranya dengan menjaga pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, dan menjaga kebersihan diri. Jika Anda mengalami gejala yang mengkhawatirkan atau berlanjut setelah Lebaran, segera berkonsultasi dengan dokter.

Penyakit yang Sering Kambuh setelah Lebaran



Berikut deretan penyakit yang sering kambuh setelah Lebaran dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (12/4/2024).



1. Kolesterol dan Gula Darah


Kondisi ini bisa terjadi jika Anda mengonsumsi makanan manis dan berlemak secara berlebihan. Maka tak heran jika kadar kolesterol dan gula dalam naik, sehingga meningkatkan risiko terjadinya diabetes hingga stroke dan penyakit jantung.

2. Maag


Sakit maag terjadi akibat perubahan pola makan setelah berpuasa. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas saat Lebaran juga bisa menyebabkan maag kambuh.

Oleh karenanya perhatian porsi dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Gejala maag yang biasa terjadi seperti nyeri pada perut bagian atas, mual, muntah, sering bersendawa, nyeri ulu hati, dan kembung pada perut bagian atas.

3. Flu dan Batuk


Momen Lebaran selain banyak makanan yang menggugah selera, adapun minuman-minuman manis yang dingin. Rasanya berat untuk menolak mengonsumsi minuman dingin saat Lebaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0819 seconds (0.1#10.140)