Iran Sedang Menyiapkan Skenario Perang Lain, di Mana dan Kapan?

Jum'at, 12 April 2024 - 07:40 WIB
loading...
Iran Sedang Menyiapkan Skenario Perang Lain, di Mana dan Kapan?
Israel menyiapkan skenario perang lain. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel terus melancarkan perangnya di Gaza namun juga mempersiapkan skenario di wilayah lain. Itu diungkapkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di tengah kekhawatiran bahwa Iran sedang bersiap untuk menyerang Israel sebagai respons atas pembunuhan komandan senior Iran.

"Siapapun yang merugikan kami, kami akan merugikan mereka. Kami siap memenuhi semua kebutuhan keamanan Negara Israel, baik secara defensif maupun ofensif," katanya setelah kunjungan ke pangkalan angkatan udara Tel Nof di Israel selatan, dilansir Reuters.

Israel telah bersiap menghadapi kemungkinan pembalasan Iran atas pembunuhan seorang jenderal senior dan enam perwira Iran lainnya dalam serangan udara di kompleks kedutaan Iran di Damaskus pada 1 April. Israel belum menyatakan pihaknya bertanggung jawab namun pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan pada hari Rabu bahwa Israel "harus dihukum dan itulah yang akan terjadi" atas serangan itu.

Juru bicara kepala militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan warga sipil tidak diberitahu untuk melakukan persiapan khusus namun menambahkan Israel "sangat siap menghadapi berbagai skenario".

Netanyahu melontarkan komentarnya ketika pasukan dan pesawat tempur Israel memulai operasi di Gaza tengah semalam yang menurut militer bertujuan untuk menghancurkan infrastruktur kelompok bersenjata Palestina.

Sebagian besar pasukan Israel telah ditarik keluar dari Gaza, sebagai persiapan untuk serangan terhadap kota Rafah di Gaza selatan, tempat lebih dari 1 juta warga Palestina berlindung, namun pertempuran terus berlanjut di berbagai wilayah di wilayah kantong tersebut.



Warga dan pejuang Palestina mengatakan para pejuang terlibat dalam baku tembak dengan pasukan Israel, yang menyerang wilayah utara dan selatan kamp pengungsi Al-Nuseirat. Serangan Israel dari udara, darat, dan laut, yang sejauh ini telah menghancurkan beberapa bangunan termasuk dua masjid, nyaris tanpa henti, kata mereka.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berpidato di Konferensi Presiden Organisasi Besar Yahudi Amerika, di tengah konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, di Yerusalem, 18 Februari 2024. REUTERS/Ronen Zvulun/ File foto Hak Lisensi Pembelian, membuka hak baru tab

“Seolah-olah tentara pendudukan melancarkan perang baru,” kata Raouf Abed, 20, melalui aplikasi obrolan dari Deir Al-Balah di selatan kamp pengungsi Al-Nuseirat. “Ledakannya tidak henti-hentinya, suaranya datang dari berbagai arah,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)