5 Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran dan Cara Mencegahnya

Kamis, 11 April 2024 - 10:00 WIB
loading...
5 Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran dan Cara Mencegahnya
Beberapa penyakit sering muncul setelah Lebaran karena berbagai faktor. Salah satunya kelelahan hingga konsumsi makanan tinggi lemak yang berlebihan. Foto/Gas O Fast
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit sering muncul setelah Lebaran karena berbagai faktor. Salah satunya kelelahan hingga konsumsi makanan tinggi lemak yang berlebihan seperti rendang, opor ayam, hingga aneka kue kering.

Hal ini tidak mengherankan mengingat sebagian orang kerap menjadikan momen Lebaran sebagai ajang balas dendam setelah puasa sebulan. Sehingga banyak yang merasa kalap mengonsumsi aneka makanan secara berlebihan hingga memicu berbagai penyakit .

Akibatnya, momen perayaan Lebaran pun menjadi terganggu karena penyakit yang kambuh. Selain itu, padatnya kegiatan di momen Idulfitri sering membuat sebagian orang merasa kelelahan sehingga kondisi kesehatan menurun.

Penyakit yang Sering Muncul setelah Lebaran dan Cara Mencegahnya



Berikut penyakit yang sering muncul setelah Lebaran dan cara mencegahnya dilansir dari Health Line, Kamis (11/4/2024).



1. Infeksi Saluran Pernapasan


Penyebaran virus dan bakteri saat berkumpul dengan keluarga dan kerabat selama perayaan Lebaran dapat menyebabkan flu, pilek, atau infeksi saluran pernapasan lainnya.

2. Gangguan Pencernaan


Konsumsi makanan yang berlebihan atau makanan yang tidak sehat selama perayaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, atau sakit perut.

3. Dehidrasi


Aktivitas yang padat selama perayaan Lebaran, terutama jika dilakukan di luar ruangan dan cuaca panas, dapat menyebabkan dehidrasi jika tidak cukup minum air.

4. Kelelahan dan Stres


Persiapan dan perayaan Lebaran yang sibuk dapat menyebabkan kelelahan fisik dan stres emosional bagi beberapa orang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)