Dilantik Jadi KSAD, Ini Senior-senior yang 'Disalip' Andika Perkasa

Kamis, 22 November 2018 - 13:34 WIB
Dilantik Jadi KSAD, Ini Senior-senior yang Disalip Andika Perkasa
Dilantik Jadi KSAD, Ini Senior-senior yang 'Disalip' Andika Perkasa
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI Andika Perkasa telah resmi menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Pelantikan dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Dengan menjabat sebaga Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), pria kelahiran 21 Desember 1964 yang lulus Akademi Militer (Akmil) pada 1987 itu berhasil melampaui beberapa jenderal lebih senior.

Di antaranya jenderal senior itu seperti Letjen TNI Agus Surya Bakti. Lulusan Akmil Angkatan 1984 itu kini menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Lalu, ada Letjen TNI Doni Monardo, lulusan Akmil Angkatan 1985 yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional.

Ada pula Wakil KSAD Letjen TNI Tatang Sulaiman, lulusan Akmil angkatan 1986. Lulus di tahun angkatan yang sama, ada Mayjen TNI Joni Supriyanto kini menjabat Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan kini menjabat Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi, dan Mayjen TNI Wuryanto kini menjabat Komando Daerah Militer IV/Diponegoro.

Sebelum ditunjuk menjadi KSAD, Andika pernah menduduki posisi strategis. Saat berpangkat Mayor Jenderal, Andika dipercaya menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada tahun 2014, lalu diangkat menjadi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura pada tahun 2016.

Dua tahun kemudian pada 2018, dia ditunjuk menjadi Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat. Pada tahun yang sama, Andika dipercaya menjabat Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) dengan pangkat Letnan Jenderal.

Dalam perjalanan kariernya, Andika juga beberapa kali menjadi pemimpin satuan di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) antara lain, Komandan Peleton Grup 2/Para Komando Kopassus, Komandan Unit 3, Grup 2/Para Komando, Kopassus, Komandan Subtim 2, Sat Gultor 81, Kopassus.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0932 seconds (0.1#10.140)