Ada Empat Kandidat KSAD, Ini Alasan Jokowi Pilih Andika Perkasa

Kamis, 22 November 2018 - 13:27 WIB
Ada Empat Kandidat KSAD, Ini Alasan Jokowi Pilih Andika Perkasa
Ada Empat Kandidat KSAD, Ini Alasan Jokowi Pilih Andika Perkasa
A A A
JAKARTA - Karier Jenderal Andika Perkasa di militer termasuk moncer. Sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1987, dia tergolong cepat naik pangkat hingga menduduki posisi tertinggi di TNI AD.

Andika dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/11/2018). Jokowi menilai, Andika telah memenuhi syarat mengisi jabatan tersebut.

"Ya ini kan kita melihat rekam jejak Pak Andika pernah di Kopassus, pernah di Kodiklat, pernah di Pangdam, pernah di Kostrad, pernah dulunya di penerbangan dan pernah di Danpaspampres. Saya kira komplet," kata Jokowi usai pelantikan.

Jokowi mengakui, ada empat nama kandidat KSAD yang disodorkan kepadanya. Pilihan terkahir akhirnya jatuh kepada Andika.

Sebagai sosok muda, Jokowi memastikan Jenderal Andika telah melewati seluruh jenjang karier kemiliteran. Menurutnya, tidak masalah bila TNI AD dipimpin oleh sosok muda.

"Ya ndak, bukan masalah muda dan tidak muda. Sekali lagi semuanya kan ada hitung-hitungannya terutama pengalaman, rekam jejam, kemudian berkaitan dengan pendidikan-pendidikan yang telah dijalani semuanya kami lihat," kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, tak ada tugas khusus yang ia berikan kepada Andika. Sebagai KSAD yang baru, Jokowi meyakini Andika sudah mengetahui tugasnya dalam mengabdi kepada negara.

"Ya enggak usah tugas khusus tugas khusus. KSAD yang baru tahu apa yang harus dilakukan buat bangsa dan negara tahu semuanya, 100 persen tahu," kata Jokowi.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9665 seconds (0.1#10.140)