Sekda Jabar Herman Suryatman Bagikan Beras Opadi di Majalengka

Senin, 08 April 2024 - 21:32 WIB
loading...
Sekda Jabar Herman Suryatman Bagikan Beras Opadi di Majalengka
Sekda Pemprov Jabar Herman Suryatman bagikan beras program Opadi kepada warga Desa Kawunghilir, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, Senin (8/4/2024).
A A A
MAJALENGKA - Sekda Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) Herman Suryatman bagikan beras program Operasi Pasar Bersubsidi (Opadi) kepada warga Desa Kawunghilir, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka, Senin (8/4/2024).

Program Opadi merupakan komitmen Pemprov Jabar menekan laju inflasi menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. Sekda Herman menyebut inflasi harus dikendalikan untuk menekan kemiskinan.

"Kenapa inflasi harus dikendalikan? Karena kalau inflasi tidak dikendalikan ada potensi harga naik, kalau harga naik daya beli masyarakat turun. Kalau daya beli turun, konsumsi akan turun, kalau konsumsi turun kemiskinan akan naik, itu logikanya," ujar Herman.

Guna penanganan inflasi berjalan dengan lancar, Herman meminta seluruh stakeholders melakukan komunikasi antarlembaga yang efektif. "Pak Gubernur sangat concern inflasi harus dikendalikan. Yang pertama pasokan harus tersedia, harga harus terjangkau, komunikasi harus efektif, mobilitas transportasi harus lancar. Makanya salah satu instrumen kami melaksanakan operasi pasar bersubsidi," katanya.

Opadi, menurut Herman, dapat meringankan beban masyarakat jelang Lebaran. "Mudah-mudahan ini meringankan masyarakat yang akan melaksanakan hari raya Idulfitri. Walau sifatnya stimulus saya yakin atmosfernya sampai ke semua desa, semua kecamatan di Majalengka," tutur Herman.

Herman menjelaskan dalam program Opadi Pemprov Jabar menyediakan 161.000 paket untuk 27 kabupaten dan kota dan diberikan secara proporsional.

"Semua ada 161.000 paket, jadi setiap kabupaten dan kota sesuai dengan inflasi. Jika inflasinya tinggi mendapatkan lebih, yang (inflasinya) rendah mendapatkan (paket) terbatas," ucapnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)