Wisuda Akbar Hafiz Indonesia 2024, Siapakah yang Akan Jadi Juara?

Senin, 08 April 2024 - 18:00 WIB
loading...
Wisuda Akbar Hafiz Indonesia 2024, Siapakah yang Akan Jadi Juara?
Hafiz Indonesia sudah melewati berbagai babak. Dari 24 peserta yang berjuang, tersisa 3 orang yang berhasil menunjukkan kualitasnya dan bertahan hingga babak ini. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Hafiz Indonesia sudah melewati berbagai babak. Dari 24 peserta yang berjuang, tersisa 3 orang yang berhasil menunjukkan kualitasnya dan bertahan hingga babak ini.

Inilah wisudawan dan wisudawati Hafiz Indonesia.

- Gibran, 8 tahun, asal Medan dengan hafalan 3 juz.
- Yukiko, 7 tahun, asal Purwakarta dengan hafalan 4 juz.
- Arfan, 6 tahun, asal Batam dengan hafalan 5 juz.

Yukiko merupakan satu-satunya peserta perempuan yang berhasil lolos hingga wisuda akbar. Ia pernah mendapatkan pin syafaat, yang artinya Yukiko pernah gugur lalu mendapatkan kesempatan kedua dan menunjukkan kualitasnya hingga bisa sampai di babak wisuda akbar.



Selanjutnya ada Gibran. Sang ayah bercerita bahwa ia dan istri belum diberikan keturunan setelah menikah. Lalu suatu hari mereka memutuskan pergi umroh. Di Tanah Suci, kedua orang tua Gibran mendapatkan hidayah.
Ayah dan ibu Gibran hanya meminta keturunan. Mujizat terjadi, pulang dari umroh, sang istri mengandung lalu lahirlah Gibran. Ayahnya cerita sambil menangis.

"Saat usia 5 tahun Gibran pernah bermimpi bertemu Rasulullah," kenangnya.

Peserta terakhir adalah Arfan. Sang ibu bercerita, Arfan belum bisa berjalan saat usia 2 tahun, dan belum bisa bicara saat usia 3 tahun. Ketika pertama kali mampu berbicara, kata yang terucap oleh Arfan adalah ayat suci Al Quran.

Pada wisuda akbar nanti, juri yang akan hadir adalah Kak Nabila, Abi Amir, Syeikh Husein Jaber, dan seorang juri tamu yaitu Syeikh Riyadh Bin Ahmed Diyab, doktor ilmu fiqih dari Universitas Islam Madinah yang bisa menirukan 63 suara tilawah dari imam dan qori dunia.

Pada babak wisuda akbar ini akan ada 2 tantangan. Yang pertama sambung ayat yang akan dibacakan oleh Syeikh Riyadh. Para wisudawan dan wisudawati harus menjawab dalam waktu 180 detik. Dan, yang kedua adalah hukum tajwid yang akan diberikan soalnya oleh Kak Nabila. Waktu yang disediakan hanya 180 detik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)