Ali Masykur Musa: Islam Agama yang Sangat Humanis

Selasa, 20 November 2018 - 13:49 WIB
Ali Masykur Musa: Islam Agama yang Sangat Humanis
Ali Masykur Musa: Islam Agama yang Sangat Humanis
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PP ISNU Ali Masykur Musa menilai, sebagai sebuah ajaran, Islam dikenal sebagai agama yang sangat humanis. Bahkan konsep tauhid, sebagai dimensi ideal-transendental dalam ajaran Islam, tidak boleh dipisahkan dari kehidupan sosialnya.

“Sebagai salah satu bentuk pengamalan sosial, Islam mengajarkan umatnya agar bersikap lemah lembut dalam berdakwah atau mengajak kebaikan. Rasulullah SAW dikenal dengan kelemahlembutannya dalam mengemban risalah Islam. Karena sikap lemah lembut beliau itu pula Islam memiliki daya tarik sangat kuat,”katanya dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Selasa (20/11/2018).

Kelemahlembutan Rasul adalah bagian dari rahmat Allah SWT yang tak terbatas. Kelemahlembutan merupakan sifat yang ditanamkan Tuhan kedalam jiwanya terkait dengan fungsinya sebagai “Uswatun Hasanah”. Bukan hanya “Uswah” tetapi wajib kita gandengkan dengan “Hasanah” menjadi satu tarikan nafas. “Rasulullah SAW adalah teladan terbaik bagi seluruh makhluk,” ujar Ali.

Sifat ini hendaknya mewarnai kehidupan sehari-hari para dai khususnya, sebagai pelanjut risalah dakwah, dan umat islam pada umumnya. Oleh karena itu, pada zaman yang penuh kesimpangsiuran ini, kita wajib meneladani Rasulullah dengan menjadi pelaku dan penebar Islam yang ramah, bukan marah-marah.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8787 seconds (0.1#10.140)