Jokowi Resmikan 'Markas Avengers' di Papua

Jum'at, 16 November 2018 - 17:02 WIB
Jokowi Resmikan Markas Avengers di Papua
Jokowi Resmikan 'Markas Avengers' di Papua
A A A
MERAUKE - Untuk kesekian kalinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Provinsi Papua. Kali ini Jokowi mendatangi Kabupaten Merauke.

Dengan menggunakan pesawat kepresidenan, Jokowi dan rombongan mendarat di Bandara Mopah Merauke, Jumat (16/11/2018) pukul 01.30 WIT dini hari.

Kegiatan Jokowi di Merauke selain meninjau sejumlah proyek pembangunan, juga meresmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke atau yang lebih familiar disebut “Markas Avengers”.

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua ini menyimpan Impian Indonesia 2015-2085. Lokasi monumen tersebut terletak di depan Kantor Bupati Merauke.

Jokowi bersama Ibu Negara didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menko Kemaritiman, Kapolri, Panglima TNI, serta Gubernur Papua secara resmi meresmikan monumen seluas 2,5 hektare yang berlokasi dekat Bandara Mopah Merauke tersebut. Peresmian dilaksanakan pada Jumat (16/11/2018), pukul 09.20 WIT.

Menurut Jokowi, Kapsul Waktu merupakan mimpi anak- anak Indonesia di seluruh provinsi di Tanah Air. Mimpi-mimpi itu, yakni sumber daya manusianya dengan kecerdasan mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, relijius dan nilai-nilai etika, Indonesia sebagai pusat pendidikan teknologi dan peradaban, masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi, membangun insfra struktur yang merata di seluruh Indonesia, Indonesia yang mandiri dan berpengaruh di asia pasifik, Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Ketujuh impian di isi dalam Kapsul Waktu dan dibuka pada tahun 2085 oleh penerus bangsa Indonesia mudah-mudahan terwujud. "Monumen Avengers" ini akan menjadi Landmark baru kota Merauke yang dapat dilihat saat pesawat mendarat.
Sekadar informasi, bangunan itu disebut Markas Avengers karena mirip dengan markas tim pahlawan super fiksi yang tampil dalam buku-buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comic.

Jokowi mengajak semua pihak untuk bekerja besar dan bekerja keras demi mewujudkan mimpi anak-anak Indonesia di masa mendatang.

"Ayo kerja besar, keras, dan bersama untuk wujudkan mimpi anak anak Indonesia, kita mau Bersama wujudkan Indonesia yang besar, Pekerjaan ini pekerjaan besar selama 70 tahun untuk wujudkan mimpi kita di tahun 2085,” ungkap Jokowi dengan wajah penuh semangat.

Akhirnya dikatakan Jokowi, tidak ada pekerjaan instan, tidak ada pekerjaan seorang diri. "Kita harus berani ambil pilihan yang sulit, Indonesia harus maju, bukan Indonesia mundur apalagi Indonesia bubar," tuturnya.

Jokowi menandatangani prasasti menandai peresmian Monumen Kapsul Waktu. Kemudian, Jokowi bersama 34 anak-anak pelajar di Kabupaten Merauke membawa Kapsul Waktu ke atas Monumen Kapsul Waktu untuk disimpan hingga tahun 2085.

Kegiatan peresmian disaksikan masyarakat Merauke dengan penuh antusias, warga Merauke sangat bahagia menyambut peresmian Monumen Kapsul Waktu.

Monumen Kapsul Waktu dibangun Kementerian PUPR melalui kegiatan ruang terbuka hijau mulai tahun 2016 yang dialokasikan pada DIPA APBN selaku kontraktor adalah PT Nindya Karya.

Arsitektur monumen yang didesain oleh arsitek prinsipal Yori Antar Awal ini mengadopsi unsur budaya Papua. Kapsul Waktu akan ditempatkan di atas bangunan tugu yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani.

Selain meresmikan Monumen Kapsul waktu ini, Jokowi akan berkunjung ke Titik 0 Kilometer di Soota Merauke, dan melihat secara langsung Jalan Trans Papua Merauke-Boven Digoel yang sedang dibangun. Keesokan harinya Presiden akan langsung menuju Papua Nugini untuk mengikuti KTT APEC.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4293 seconds (0.1#10.140)