alexametrics

Penguatan Aparatur Kunci Keberhasilan Program Desa

loading...
Penguatan Aparatur Kunci Keberhasilan Program Desa
Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Rakornas dan Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (14/11/2018). Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Mendagri Tjahjo Kumolo menghadiri Pembukaan Rakornas dan Evaluasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (14/11/2018). Tjahjo mengapresiasi rakornas yang digelar Kementerian Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tersebut.

"Hari ini inisiatif Menteri Desa, di samping ini akhir tahun sekaligus. Pertama, mengevaluasi penyerapan anggaran. Kedua, nanti akan sedikit menjelaskan mengenai keberhasilan sejumlah program yang ada di desa," katanya.

Tjahjo mengatakan, perlu ada upaya penguatan aparatur desa untuk mendung setiap program strategis yang sudah dirancang. "Dari sisi saya kuncinya ada penguatan aparatur desa. Sekarang bantuan kelurahan juga sudah ada. Tahun ini nanti fokusnya akan diserahkan kepada wali kota dan bupati yang ada kelurahannya," ujarnya.



Kemendagri memiliki tugas dalam penguatan aparatur kelurahan dan desa. Pertama, memahami hal-hal yang berkaitan dengan regulasi. Kedua, cara merencanakan program desa yang dipersiapkan Mendes PDTT dan juga cara menyusun laporan pertanggung jawaban. Ketiga, penguatan mengenai manajemen.

"Jadi perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan program harus jalan dengan baik. Sekarang sudah hampir 90% untuk program perangkat desa sudah ditata. Minimal dia tahu masalah hukum, mekanisme menyusun perencanaan programnya, atau menyusun laporan pertanggungjawabannya, dan menggerakan," tandasnya.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak