Tol Bocimi Ditargetkan Buka Senin Atau Selasa, PUPR Lakukan Perbaikan Temporer

Jum'at, 05 April 2024 - 14:57 WIB
loading...
Tol Bocimi Ditargetkan Buka Senin Atau Selasa, PUPR Lakukan Perbaikan Temporer
Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengapresiasi respons cepat Kementerian PUPR dalam menangani longsor yang terjadi di Tol Bocimi. Foto/Dok.MPI
A A A
SUKABUMI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bergerak cepat menangani longsor di Tol Bocimi KM 64 agar bisa dibuka kembali untuk arus mudik Lebaran 2024.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mengapresiasi respons cepat PUPR. "Terima kasih Kementerian PUPR atas respons cepat, karena ini (bertepatan) pada arus mudik lebaran dimana akan banyak kepadatan lalu lintas, tapi Pak Menteri sampaikan akan diupayakan hari Senin atau Selasa dibuka kembali," kata Bey.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, memastikan akan melakukan perbaikan secara temporer. "Kami akan berusaha untuk menangani secara temporer, tiga hari ini kita akan sheet pile, kemudian hari Senin nanti kita monitor, kita tes dulu untuk bisa kita upayakan jalur B-nya itu dipakai untuk jalur mudik," kata Basuki.

Strategi ini dilakukan agar arus mudik dari Cigombong, Bogor dapat terurai. Basuki khawatir kemacetan akan terjadi seperti arus mudik pada tahun-tahun sebelumnya.



"Kita tes (kalau) aman nanti Pak Polisi akan koordinasi untuk bisa dibuka jalur B, sementara untuk golongan satu. Jalur dari Jakarta-Sukabumi, jalurnya jalur B tapi untuk arah dari Jakarta, jadi cuma jalur sebelah sana yang difungsikan. Nah kalau arus balik kita pakai satu arah," terangnya.

Setelah arus mudik selesai, pihaknya akan kebut perbaikan secara permanen.

"Penanganan permanennya kira-kira 2-3 bulan untuk bisa secara permanen kita bisa tangani," tandasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1508 seconds (0.1#10.140)