alexametrics

Mengawal Pemilu Serentak 2019 lewat Karikatur

loading...
Mengawal Pemilu Serentak 2019 lewat Karikatur
Tidak hanya sebagai penyalur informasi, pers harus juga terlibat dalam mengawal jalannya pemilu agar berlangsung demokratis. Karikatur/KORAN SINDO/Tahyuddin
A+ A-
JAKARTA - Pemilu 2019 akan menjadi momentum penting bagi perjalanan sejarah demokrasi di Indonesia.

Pada 17 April 2019, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) akan digelar secara serentak.

Tahapan pemilu sudah bergulir. Saat ini adalah masa kampanye, baik bagi para calon anggota legislatif, maupun calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

Tidak hanya bertujuan mencari wakil rakyat dan pemimpin lima tahun mendatang, pemilu juga menjadi sarana masyarakat menggunakan hak politiknya.



Pemilu yang jujur, bersih, dan demokratis menjadi dambaan semua pihak. Semua pihak, termasuk pers berperan besar mewujudkan itu. Oleh karena itu pers harus tetap memberikan pencerahan dan mengawal pemilu agar berjalan fair.

Melalui karyanya, ilustrator KORAN SINDO Tahyuddin berusaha untuk menyampaian pesan tersebut. Lewat karikatur, dia mengingatkan insan pers untuk ikut mendorong terciptanya pemilu yang demokratis dan berlangsung aman, damai, tertib.

Mengawal Pemilu Serentak 2019 lewat Karikatur


Pers Pilar Demokrasi
. Pemilu yang demokratis paling tidak harus memiliki lima pilar di antaranya adalah regulasi yang jelas, peserta pemilu yang berkompeten, pemilih yang cerdas, penyelenggara pemilu yang berintegritas, dan birokrasi yang netral.

Pilar yang satu saling mendukung dengan pilar yang lainnya. Tanpa satu pilar, maka tidak mungkin mencapai pemilu yang demokratis, kelimanya harus saling menguatkan.

Insan pers harus sungguh-sungguh (mengawal pemilu). Mulai dari persiapan pelaksanaan pemilu hingga nanti tahapan evaluasi pemilu. Semua harus bersepakat, membangun pemilu yang berkualitas.

Pers sebagai salah satu pilar demokrasi harus mampu memberikan peran yang mencerahkan dan mengawal pemilu secara fair. Ruang redaksi harus selalu dalam lingkaran ideal dalam pemilu, terbebas dari segala kepentingan kontestan pemilu itu sendiri. Kepentingan utama media adalah bagaimana kepentingan rakyat diperjuangkan, demokrasi dilaksanakan secara adil dan jujur.

Mengawal Pemilu Serentak 2019 lewat Karikatur


Pers Mengawai Pemilu
. Pers yang meliputi media cetak, elektronik dan lainnya merupakan sarana untuk mewujudkan Pasal 28 UUD 1945 menjamin kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan.

Banyaknya kecurangan dan dugaan konspirasi dalam penyelenggaraan tahapan pemilu hingga pemilihan umum itu selesai maka pers dituntut untuk terlibat memberikan informasi yang benar kepada publik.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak