KSAD Minta Purnawirawan Pati Tetap Jaga Silaturahmi dan Toleransi

Minggu, 11 November 2018 - 14:49 WIB
KSAD Minta Purnawirawan Pati Tetap Jaga Silaturahmi dan Toleransi
KSAD Minta Purnawirawan Pati Tetap Jaga Silaturahmi dan Toleransi
A A A
MAGELANG - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono di hadapan ratusan purnawirawan perwira tinggi (Pati) TNI AD berpesan agar tetap menjaga silaturahmi dalam Pileg dan Pilpres April 2019 mendatang.

"Meskipun bernaung di bawah bendera politik yang berbeda, tetaplah menjaga silaturahmi, toleransi, serta hubungan baik, karena kita pernah berjuang dan mengabdi bersama-sama," ujar Jenderal Mulyono dalam amanat wisuda Purnawirawan Pati TNI AD di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (11/11)

Menurutnya, pandangan dan haluan politik boleh berbeda tetapi yakinlah komitmen untuk “espirit de corps” almamater Akmil TNI AD akan mampu mempersatukan dalam satu jiwa “Lembah Tidar”.

"Saya ingin mengajak para Wisudawan/Wisudawati serta kita semua untuk turut membantu pemerintah dengan ikut menciptakan suasana yang damai dan kondusif demi keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara yang lebih baik," imbaunya.

Meskipun telah lepas dari kehidupan keprajuritan, ia yakin bahwa nilai-nilai dan semangat sebagai prajurit tidak akan mudah hilang. Kedisiplinan, ketegasan dan sifat-sifat keteladanan sebagai abdi negara yang terpancar dari pribadi para Wisudawan/Wisudawati tentu sangat diharapkan menjadi contoh teladan bagi masyarakat pada umumnya, serta bagi para prajurit dan keluarganya pada khususnya.

"Perwujudan sikap ini kami yakini tercermin dalam tiap tindakan para Wisudawan/Wisudawati, termasuk dalam menegakkan tertib administrasi dan tata penggunaan atribut serta fasilitas dinas demi kepentingan institusi TNI AD yang kita cintai bersama ini," jelasnya.

Mulyono berpandangan , Pileg dan Pilpres 2019 merupakan agenda nasional yang berperan sentral dan krusial bagi masa depan bangsa serta negara. "Sesuai tugas dan kapasitasnya, TNI AD akan turut membantu, mengawal dan menjaga pelaksanaan pesta demokrasi
ini guna menjamin ketertiban dan kenyamanan rakyat dalam menggunakan hak-hak politiknya," tegasnya.

Masa-masa ini juga merupakan momen pembuktian atas netralitas TNI yang menjadi komitmen bangsa, serta sebagai salah satu indikator demokrasi bangsa yang sehat.

"Sejalan dengan itu, bagi para Wisudawan/Wisudawati yang ingin melanjutkan pengabdiannya kepada rakyat melalui jalur politik, kami berharap agar jiwa dan semangat untuk tulus berbakti kepada negara dapat terus dikobarkan," paparnya.

Sebelumnya, Jenderal TNI Mulyono memimpin Upacara Wisuda Purnawirawan 131 Pati TNI AD di Gedung Lilly Rochli, Akademi Militer, Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (11/11).

Para wisudawan terdiri dari satu orang jenderal berbintang empat yaitu Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (mantan Panglima TNI), 10 Letjen TNI, 46 Mayjen TNI dan 74 Brigjen TNI, di antara peserta wisuda terdapat 4 wisudawati (Kowad) berpangkat Brigjen TNI.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1997 seconds (0.1#10.140)