Cawapres Sandiaga Uno Tawarkan Konsep Green Jobs di Tangsel

Sabtu, 10 November 2018 - 01:14 WIB
Cawapres Sandiaga Uno Tawarkan Konsep Green Jobs di Tangsel
Cawapres Sandiaga Uno Tawarkan Konsep Green Jobs di Tangsel
A A A
JAKARTA - Isu lingkungan hidup yang berkelanjutan menjadi salah satu program yang ditawarkan oleh calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, kepada warga Tangerang Selatan (Tangsel).

Menurut Sandi, program lingkungan hidup yang berkelanjutan telah dijalani oleh relawannya. Dengan tujuan utamanya yaitu Green Jobs, yang berarti segala pengerjaan di lingkungan harus mengacu pada energi alternatif terbarukan dan ramah lingkungan.

"Kami ada relawan Bro Sandi, fokus pada isu-isu lingkungan dan kita fokus pada isu keberlanjutan, sustainability," ujar Sandi seusai bertemu dengan kelompok relawan di Telaga Seafood, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (9/11/2018).

Menurut Sandi, Green Jobs nantinya bisa diterapkan di berbagai tempat. Misalnya jika di wilayah pedesaan, maka pengelolaan sungai atau pelestarian lingkungan alam lainnya dapat membuka lapangan kerja baru yang signifikan.

"Kita bisa mendidik dua sampai tiga juta tenaga kerja baru. Kita bisa rehabilitasi lahan-lahan kritis, pantai juga bisa kita perbaiki," ucapnya.

Sedangkan jika diterapkan di wilayah perkotaan, seperti di Kota Tangsel, Green Jobs dapat merubah pengelolaan gedung-gedung yang ada menjadi ramah lingkungan dan berbasis energi terbarukan.

"Kalau di Tangsel ini adalah bagaimana mengkonversi gedung-gedung agar ramah lingkungan, gedung ini bisa mengonsumsi energi yang lebih hemat, gedung-gedung ini bisa menggunakan energi alternatif baru dan terbarukan," jelasnya.

Data yang dihimpun, setidaknya ada enam kriteria dasar suatu gedung bisa dikatakan ramah lingkungan, yaitu tepat guna lahan, efisiensi energi dan refrigeran, konservasi air, kualitas dan kenyamanan udara, sumber dan siklus material, serta manajemen lingkungan bangunan.

"Jadi lingkungan itu jadi satu fokus utama dari perjuangan Prabowo-Sandi. Sistem ekonomi ke depan itu harus berfokus pada sustainability," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1394 seconds (0.1#10.140)