Tips Padu Padan Batik dan Tenun Agar Tidak Tampil Monoton

Sabtu, 30 Maret 2024 - 17:37 WIB
loading...
Tips Padu Padan Batik dan Tenun Agar Tidak Tampil Monoton
Padu padan batik dan tenun bisa menciptakan gaya yang unik dan elegan. Dengan beberapa tips, Anda dapat menciptakan penampilan yang tidak monoton. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Padu padan batik dan tenun bisa menciptakan gaya yang unik dan elegan. Dengan beberapa tips, Anda dapat menciptakan penampilan yang tidak monoton dan tetap tampil menarik.

Adapun yang terpenting dari padu padan batik dan tenun adalah menemukan kombinasi yang membuat Anda merasa percaya diri dan nyaman. Salah satunya dengan pilih kain dengan motif yang bisa saling melengkapi atau berpadu harmonis.

Cobalah untuk memilih motif yang memiliki warna yang serupa atau saling melengkapi satu sama lain. Seperti halnya yang disampaikan oleh desainer kenamaan Tanah Air, Kinto Wardani yang menyebut bahwa batik dan tenun bisa menjadi satu outfit kekinian.

"Ternyata perbedaan warna dan motif bisa jadi satu kekayaan yang sangat menarik," kata Kinto dalam acara Indonesia Fashion Week 2024 (IFW 2024), baru-baru ini.

Tips Padu Padan Batik dan Tenun Agar Tidak Tampil Monoton

Foto/istimewa



Tips Padu Padan Batik dan Tenun Agar Tidak Tampil Monoton

Foto/istimewa

Warna adalah kunci dalam memadukan batik dan tenun. Pastikan warna-warna pada kedua jenis kain tersebut saling menyatu dan menciptakan kesan yang seimbang. Anda bisa memilih warna yang dominan di salah satu kain dan menggunakan warna tersebut sebagai panduan untuk memilih warna lainnya.

"Tabrak warna dan motif menghasilkan sesuatu yang indah juga. Jadi nggak usah takut yang harus monoton, coklat semua, hitam putih semua. Ternyata padu padan itu menarik sekali, apalagi motifnya berbeda," jelasnya.

Gunakan batik dan tenun dalam satu busana atau aksesori. Misalnya, Anda bisa menggabungkan batik sebagai bagian atasan dan tenun sebagai bagian bawahan, atau sebaliknya. Anda juga bisa menggunakan batik sebagai detail atau hiasan pada busana yang terbuat dari tenun, dan sebaliknya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)