Model United Nations Ajak Anak Muda Pahami Isu Global

Sabtu, 27 Oktober 2018 - 01:07 WIB
Model United Nations Ajak Anak Muda Pahami Isu Global
Model United Nations Ajak Anak Muda Pahami Isu Global
A A A
JAKARTA - Untuk anak muda, akan digelar kegiatan yang memfasilitasi calon diplomat untuk belajar mengenai relasi internasional, melalui praktik langsung dalam bentuk simulasi sidang PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) bersama pakarnya, yang akrab disebut MUN (Model United Nations).

MUN terbesar di Asia akan digelar 11-14 Januari 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia.
MUN ini lebih khusus berupaya mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang ditetapkan PBB yang lebih akrab didengar dengan sebutan Sustainable Development Goals(SDGs) dengan 17 global goals, sebuah agenda pembangunan dunia demi terciptanya kesejahteraan di bumi.MUN sendiri merupakan sidang simulasi PBB yang pesertanya disebut delegasi dan setiap delegasi akan mewakili suatu Negara dengan membahas suatu topik yang akan melibatkan keterampilan menulis, meneliti, berkomunikasi, berdebat, dan menguji sikap kepemimpian.Organisasi ini tentunya bertujuan menciptakan platform sebagai aliansi antara pemimpin muda di seluruh dunia. Melalui program-program yang telah dirancang, diharapkan para pemimpin muda dunia akan mendapatkan lebih banyak perspektif sehingga mereka akan meningkatkan lebih banyak pemahaman tentang isu-isu global saat ini.Menurut Muhamad Fahrizal, Direktur PT International Global Network, Global Goals Model United Nations 2019 (GGMUN 2019) juga bertujuan untuk dapat memberdayakan kesadaran remaja mengenai hubungan dan isu-isu Internasional saat ini.
"Memahami dan mencoba untuk membentuk solusi yang dapat menyelesaikan isu-isu tertentu terkait dengan 17 global goals, serta memberikan momen kepada para peserta sebagai delegasi resmi untuk dapat langsung mewakili negara yang ditugaskan serta merasakan suasana konferensi PBB," kata Fahrizal melalui siaran pers, Jumat (27/10/2018).

"Animo anak muda untuk ikut di event GGMUN 2019 ini sangat besar. Menjadi tantangan besar bagi kami untuk mengakomodir minat anak muda tersebut. Pada GGMUN 2019 ini pendaftarnya bertambah dua kali lipat dari tahun lalu dan jumlah negara yang ikut juga bertambah," tambahnya.Nantinya GGMUN 2019 menghadirkan tujuh forum berdasarkan Global Goals di Meeting Session. Setiap forum yang diangkat memiliki satu topik menarik yang akan dibahas dalam Meeting Session.
Meeting Session merupakan sesi bagi setiap delegasi untuk menjadi perwakilan suatu Negara dan membahas topik tertentu dengan delagasi lainnya. Setiap delegasi hanya dapat memilih satu forum untuk ikut andil dalam Meeting Session.

Tujuh forum yang akan diangkat adalah pengentasan kemiskinan, mengakhiri kelaparan, kesehatan yang baik dan kesejahteraan, pendidikan bermutu, kesetaraan gender, akses air bersih dan sanitasi, serta pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9567 seconds (0.1#10.140)