Perbaikan Jalur Mudik di Jabar Ditarget Rampung H-10 Lebaran 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:05 WIB
loading...
Perbaikan Jalur Mudik di Jabar Ditarget Rampung H-10 Lebaran 2024
Pemprov Jabar berkomitmen menuntaskan perbaikan jalan menjelang Lebaran 2024. Foto/Ilustrasi/dok
A A A
BANDUNG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin berkomitmen menuntaskan perbaikan jalan menjelang Lebaran 2024. Perbaikan ruas-ruas jalan provinsi yang akan dilintasi pemudik tersebut akan rampung pada H-10 Lebaran 2024.

”Untuk jalan tol sudah baik, dan jalan-jalan di Jabar yang dilewati itu pada saat mudik ada 320 jalan berlubang, dan itu akan selesai Insya Allah 10 hari sebelum lebaran,” ujar Bey dalam keterangannya, Kamis (28/3/2024).

Tidak hanya jalan, lanjut Bey, sarana dan prasarana di jalur mudik pun saat ini telah dilakukan, termasuk perbaikan dan penambahan penerangan jalan.



”Kami akan cek lagi karena seharusnya sih ada karena kan ini pergerakan akan sampai larut malam. Tapi untuk jalan tol sudah aman dan jalan tol itu untuk contraflow dan lain sebagainya sudah dilakukan simulasi," katanya.

Pihaknya pun akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian demi kelancaran arus mudik maupun balik Lebaran 2024 di Jabar.“Setidaknya ada Ada 27.162 personel yang disiapkan, 16 ribu dari Polri dan sisanya dari TNI dan instansi lainnya,” tandasnya.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat mencatat, sebanyak 119 dari 297 ruasjalanprovinsi berpotensi dilalui oleh para pemudik pada musim mudik dan balik Lebaran 2024.

Kepala DBMPRJabar, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, para pemudik juga diprediksi bakal melalui 100 ruasjalanprovinsi untuk menuju tempat wisata yang ada diJabar.



“Jadi dari 297 ruasjalanyang punya kewenangan provinsi itu ada hampir 119 yang berpotensi digunakan untuk jalur mudik, kemudian sekitar 100 sekian yang berpotensi juga untuk digunakan akses menuju ke pusat-pusat wisata yang ada diJabar,” katanya.

Demi menciptakkan keamanan dan kenyamanan para pemudik, pihaknya berupaya melakukan pemeliharaan di ruasjalanyang berpotensi digunakan pemudik dan wisata tersebut. Terutama dijalanmilik provinsi yang akan digunakan untuk jalur mudik dan arus balik.

Bambang mengatakan, PemprovJabarmemiliki berbagai langkah untuk mempercepat pemantapanjalan, salah satunya memaksimalkan program sapu lobang. Dia mengklaim, dari total panjangjalanmilik provinsi sekitar 2.362 kilo meter, ada sekitar 630 lubangjalan.

“Ini akan kita selesaikan, Insya Allah mudah-mudahan di H-10 (lebaran), ini (lubangjalan) sudah tuntas. Karena memang ada himbauan biasanya setiap tahun itu oleh pusat tidak diperbolehkan H-10 ada aktivitas pekerjaan untuk yang sifatnya pekerjaan besar,” katanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1943 seconds (0.1#10.140)