Hari Ini Bawaslu Putuskan Soal Dugaan Kampanye Hitam

Kamis, 25 Oktober 2018 - 09:23 WIB
Hari Ini Bawaslu Putuskan Soal Dugaan Kampanye Hitam
Hari Ini Bawaslu Putuskan Soal Dugaan Kampanye Hitam
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan memutuskan laporan dugaan kampanye hitam yang dilakukan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno hari ini.

Dugaan pelanggaran kampanye hitam yang diduga dilakukan pasangan calon nomor urut 02 itu sebelumnya dilaporkan elemen masyarakat yang menamakan Garda Nusantara untuk Rakyat (GNR).

Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo membenarkan laporan dugaan kampanye hitam itu akan diputuskan hari ini. "Benar nanti kami keluarkan statusnya," jelas Ratna saat dihubungi SINDOnews, Kamis (25/10/2018).

Laporan ini sendiri bermula dari kasus dugaan informasi bohong yang dilakukan oleh aktivis Ratna Sarumpaet, kemudian informasi bohong itu sempat disampaikan kepada publik oleh Prabowo dan tim pendukungnya.

Dalam hal ini, tim klarifikator yang ditugaskan Bawaslu gagal meminta keterangan atau klarifikasi dari Ratna Sarumpaet. Ratna berdalih, tim klarifikator yang ditugaskan tak berhasil meminta keterangan Ratna karena yang bersangkutan tengah dalam kondisi tidak memungkinkan diklarifikasi karena tengah dalam kondisi kurang sehat.

Kendati begitu, Ratna memastikan bahwa lembaganya akan tetap menumumkan status laporan tersebut. Sebab, ia menganggap bahwa keterangan yang diperoleh dari Ahli KPU, keterangan pelapor dan barang bukti dianggap sudah cukup untuk Bawaslu mengambil keputusan.

"Karena kan klarifikasi itu kan terkait dengan kebutuhan bawaslu untuk bisa mendapatkan argumentasi di dalam mengambil kesimpulan sehingga tidak terjadi kesalahan," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4322 seconds (0.1#10.140)