Selamat, Tiga Calon Rektor Universitas Pancasila Berhasil Ditetapkan Senat

Selasa, 26 Maret 2024 - 18:11 WIB
loading...
Selamat, Tiga Calon Rektor Universitas Pancasila Berhasil Ditetapkan Senat
Tiga calon Rektor UP yaitu Prof. Andi Faisal Bakti, Prof. Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, dan Prof. Marsudi Wahyu Kisworo.
A A A
JAKARTA - Pada Selasa, 26 Maret 2024, bertempat di aula Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (UP), Panitia Pemilihan Rektor (PPR-UP) mengadakan asesmen senat untuk memilih tiga kandidat dari tujuh bakal calon rektor (bacarek) yang telah terpilih sebelumnya. Ketiga bakal calon Rektor tersebut adalah Prof. Andi Faisal Bakti, MA., Ph. D, Prof. Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM, Prof. Dr. ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, ASEAN Eng, ACPEN Eng, ACPE. Adapun proses pemilihan di senat dilakukan menggunakan prinsip asesmen kompetensi dengan menggunakan alat ukur yang terdiri dari tujuh kriteria penilaian.

Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met, sebagai Ketua PPR-UP mengatakan bahwa tujuh kriteria yang diukur adalah: memiliki rekam jejak kepemimpinan dan integritas yang baik, mampu membangun dan mewujudkan budaya universitas berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila, mampu menerapkan tata kelola berbasis good university governance, risk and compliance dalam upaya menjaga status, citra dan reputasi UP. Selain itu juga mampu mewujudkan visi misi serta keunikan UP sebagai entrepreneur university, mengembangkan kolaborasi di tingkat nasional maupun internasional yang berpotensi memperluas jejaring, mampu menjaga hubungan harmonis dengan civitas akademika dan stakeholder lainnya. Terakhir adalah mampu mengembangkan kemandirian dalam mencari alternatif pendanaan kampus melalui program inovasi dan kewirausahaan.

“Sebelum pemilihan hari ini, PPR-UP sudah melakukan sosialiasi program kerja dan portofolio sehingga para anggota senat dan civitas academica sudah membaca dan mengenal para bacarek terlebih dulu. Para bacarek diberikan kesempatan untuk mempresentasikan program kerja dan kemudian mengambil secara acak tiga nomer pertanyaan dari PPR-UP serta menjawabnya. Selesai presentasi, para anggota senat kemudian memberikan penilaian dengan rentang skor 1-4, dan pada akhir proses penilaian, semua nilai akan dijumlahkan dan dibuat peringkat. Tiga kandidat yang memperoleh nilai paling tinggi akan dinyatakan lolos untuk melanjutkan ke tahap berikutnya,” Lanjut Prof. Anis.

Proses pemilihan rektor ini berjalan secara terbuka, dimana semua civitas akademika UP maupun masyarakat umum dapat melihat prosesnya melalui youtube. Adapun yang hadir secara offline di ruangan rapat adalah Ketua Pembina YPPUP, PPR-UP dan senat akademik Universitas Pancasila.

Prof. Anis yang juga merupakan Ketua Pengurus YPPUP mengumumkan bahwa “Sidang Senat Universitas Pancasila telah menghasilkan keputusan terpilihnya tiga calon rektor yaitu: Prof. Andi Faisal Bakti, MA., Ph. D, Prof. Dr. Ir. Budhi Muliawan Suyitno, IPM, Prof. Dr. ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU, ASEAN Eng, ACPEN Eng, ACPE akan menjalankan asesmen psikologis pada tanggal 28 Maret 2024 dan proses seleksi di yayasan,” pungkasnya.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3554 seconds (0.1#10.140)