Kementerian PAN RB Sukses Operasikan Aplikasi Digital SP4N LAPOR!

Rabu, 24 Oktober 2018 - 00:29 WIB
Kementerian PAN RB Sukses Operasikan Aplikasi Digital SP4N LAPOR!
Kementerian PAN RB Sukses Operasikan Aplikasi Digital SP4N LAPOR!
A A A
JAKARTA - Dalam tiga bulan terakhir Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) sukes mengoperasikan kinerja aplikasi SP4N LAPOR! yang dikelolanya. Terlihat dari kisah sukses jumlah keterhubungan pemerintah daerah dan juga lembaga negara pada layanan pelaporan pengaduan satu pintu.

Capaian sosialisasi dan kisah sukses laporan aplikasi SP4N LAPOR! di Kemenpan RB merupakan hasil kerja bersama tiga lembaga negara, yaitu Kantor Staf Presiden, Ombudsman, dan Kementerian PAN RB.

Dalam pada tiga bulan terakhir ini ketiga lembaga negara tersebut menjadikan aplikasi SP4N LAPOR! berjalan baik dan digunakan masyarakat untuk melakukan pengaduan kepada pemerintah.

Apakah aplikasi SP4N LAPOR! sudah dapat diterima oleh masyarakat dan terasa manfaatnya? Diah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik, menceritakan kisah sukses dari salah satu laporan melalui LAPOR! yaitu “Tunjangan Profesi Guru Belum Cair”. Terlapor tanggal 28 Agustus 2018, pelapor menyampaikan pengaduan terkait tunjangan profesi guru yang belum cair, dengan nomor Tracking ID #2007157.

Laporan tersebut didisposisikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 29 Agustus 2018, dan pada tanggal yang sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginformasikan kepada pelapor bahwa tunjangan profesi guru akan segera dicairkan melalui rekening pelapor.

Kisah sukses tersebut karena disposisi kurang dari 3 hari dan instansi responsif serta solutif di mana laporan dinyatakan selesai. Hal tersebut merupakan tanggung jawab Deputi Bidang Pelayanan Publik di Kementerian PAN RB yang memastikan operasional SP4N-LAPOR! berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk informasi terkait aplikasi SP4N-LAPOR! bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aduan, meminta informasi layanan maupun aspirasi terkait kinerja pemerintah dan pelayanan publik bisa menyampaikannya melalui lapor.go.id atau SMS ke 1708.

“Saat ini 34 kementerian, 97 lembaga pemerintah, 340 pemerintah kabupaten, 84 pemerintah kota, 31 pemerintah provinsi sudah terhubung dengan LAPOR!, dengan rata-rata jumlah laporan per hari pada tahun 2018 ini sebanyak 575 laporan, dengan tindak lanjut laporan kurang dari sama dengan 10 hari dan laporan selesai diatas 50%,” papar Diah Natalisa dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Senin (22/10/2018).

Diinformasikan juga Kemenpan RB telah melakukan sosialisasi Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). SKM ini banyak dilakukan oleh pemda dengan menggunakan berbagai metode diharapkan sosialisasi yang sudah dilakukan oleh Kemenpan RB dapat menjelaskan mengenai pelaksanaan SKM sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saat ini pihaknya juga telah membentuk 3 Hub/JIPP, yaitu di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Selatan bekerja sama dengan GIZ Transformasi. Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) merupakan strategi dalam melakukan transfer pengetahuan.

"Di samping itu Hub nanti tidak hanya untuk inovasi pelayanan publik saja, tetapi juga untuk kegiatan kebijakan pelayanan publik yang lain,” tuturnya Diah.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9393 seconds (0.1#10.140)