Anti Nganggur, 10 Universitas di Indonesia Ini Lulusannya Gampang Dapat Kerja

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:26 WIB
loading...
Anti Nganggur, 10 Universitas di Indonesia Ini Lulusannya Gampang Dapat Kerja
Menurut data Kemendikbudristek, IPB university menjadi salah satu perguruan tinggi yang lulusannya gampang mendapatkan kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 universitas di Indonesia yang lulusannya cepat mendapat kerja menurut survei Kemendikbudristek. Sudah menjadi impian setiap lulusan universitas untuk segera mendapatkan pekerjaan yang memadai setelah menyelesaikan studi mereka.

Namun, kenyataannya tidak semua lulusan dapat dengan cepat mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Lalu lulusan perguruan tinggi mana saja yang mudah mendapatkan pekerjaan? Mengutip data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan teknologi, artikel kali ini akan membahas 10 universitas di Indonesia yang lulusannya cepat dapat kerja, simak ya!

10 Kampus di Indonesia yang Lulusannya Gampang Dapat Kerja Versi Kemendikbudristek


1. Institut Pertanian Bogor (skor 3.427)


Di peringkat pertama, ada Institut Pertanian Bogor yang mencetak skor 3.427. Walaupun namanya Institut Pertanian, tetapi IPB punya banyak program studi menarik sepertI ilmu komputer, komunikasi hingga bisnis.

2. Institut Teknologi Bandung (skor 3.055)


Institut Teknologi Bandung (ITB) menduduki peringkat kedua kampus yang alumninya cepat mendapat pekerjaan karena ITB memiliki kualitas terbaik di setiap program studinya, dari teknik hingga manajemen bisnis.

3. Universitas Indonesia (skor 3.029)


Universitas Indonesia juga masih menjadi salah satu kampus yang menghasilkan alumni-alumni berkualitas di bidang masing-masing. Mulai dari sarjana sampai sekolah vokasi.


4. Universitas Gadjah Mada (skor 3.022)


Kampus di pusat Yogyakarta ini sudah mencetak banyak alumni hebat seperti Ganjar Pranowo (mantan Gubernur Jawa Tengah) dan Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri).

5. Universitas Airlangga (skor 2.934)


Di posisi kelima ada Unair alias Universitas Airlangga yang berlokasi di Surabaya. Kampus ini memiliki 13 fakultas serta memiliki kerjasama dengan perguruan tinggi di Asia, Eropa dan Amerika.

6. Universitas Diponegoro (skor 2.888)


Kampus ini juga memiliki banyak program studi terakreditasi yang bisa kamu pilih. Mahasiswanya juga aktif mencetak prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

7. Institut Teknologi Sepuluh November (skor 2.855)


ITS memiliki 184 laboratorium tersebar di 7 fakultas yang menunjang penelitian untuk menciptakan program riset yang berdampak untuk masyarakat luas.

8. Universitas Brawijaya (skor 2.836)


Universitas Brawijaya berlokasi di Malang, Jawa Timur, Universitas Brawijaya punya alumni seperti Pak Djarot Saiful (Gubernur DKI Jakarta). Banyaknya peminat membuat proses seleksinya semakin keta

9. Universitas Telkom (skor 2.798)


Telkom University memiliki 7 fakultas di bidang Teknik, Seni, Manajemen dan Sains Terapan, kampus ini memiliki website terupdate untuk para alumni yang sedang mencari magang atau pekerjaan.

10. Universitas Sebelas Maret (skor 2.650)


Universitas Sebelas Maret telah bekerja sama dengan 40 kampus terbaik di dunia serta memperoleh sertifikasi internasional di beberapa program studi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0633 seconds (0.1#10.140)