alexametrics

KPU Tegaskan Tidak Ada Debat Capres di dalam Kampus

loading...
KPU Tegaskan Tidak Ada Debat Capres di dalam Kampus
Komisioner KPU, Ilham Saputra pihaknya tidak bisa membatasi tentang segala kegiatan yang bersifat akademis meski diikuti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dalam pilpres. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ilham Saputra mengatakan pihaknya sejak awal bahwa intitusi pendidikan seperti kampus boleh diisi dengan kegiatan akademis yang memberikan pemahaman tentang gagasan dan program masih-masing pasangan calon presiden.

"Fungsinya adalah akademik. Tidak kemudian diskusi terkait persoalan-persoalan memilih siapa atau mengajak orang untuk memilih dia," ujar Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Senin (22/10/2018). (Baca: Usulan Debat di Kampus, Kubu Jokowi: Kita Tak Pernah Gentar)

Ilham menganggap, pihaknya tak bisa membatasi tentang segala kegiatan yang bersifat akademis meski diikuti oleh pihak-pihak yang berkepentingan atau menjadi bagian dalam pilpres. Namun yang harus dipatuhi adalah tidak diperkenankan untuk melakukan ajakan memilih.

Sementara itu, kata Ilham, terkait pelaksanaan debat-debat capres yang akan dilaksanakan nanti seluruhnya menjadi kewenangan lembaganya. Termasuk usulan Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno agar debat dilaksakan di kampus dengan audiens yang terbatas.

"Debat kandidat sama kami lah. KPU lah yang bertanggung jawab. Enggak, enggak ada (Debat capres) di kampus. Sampai saat ini belum ada wacana debat kandidat di kampus," tandasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak