Kisah Kejayaan dan Warisan Abadi Raja Jayabaya

Selasa, 26 Maret 2024 - 06:11 WIB
loading...
Kisah Kejayaan dan Warisan Abadi Raja Jayabaya
Jayabaya menjadi raja yang mengantarkan Kerajaan Kediri ke masa kejayaan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Jayabaya menjadi raja yang mengantarkan Kerajaan Kediri ke masa kejayaan. Prabu Jayabaya sendiri naik tahta di Kediri pada tahun 1135, saat berhasil menyatukan dua kerajaan warisan Raja Airlangga, yang sebelumnya sempat berkonflik.

Jayabaya memutuskan menyerang Kerajaan Jenggala dan akhirnya menyatukan dua wilayah yang sempat dibagi oleh Mpu Bharada, penasehat Raja Airlangga. Usai berhasil menaklukkan dan menyatukan keduanya, Jayabaya naik tahta jadi raja.

Ia memerintahkan dua pujangga yakni Mpu Sedah dan Mpu Panuluh untuk menggubah Kakawin Bharatayudha. Karya sastra yang mengisahkan tentang kejayaan Pandawa terhadap Kurawa dalam Perang Bharatayuda.

Karya itu diubah untuk melukiskan kejayaan Kadiri atas Janggala dalam perang saudara atau trah Airlangga. Sri Wintala Achmad dari buku "13 Raja Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah Kerajaan di Tanah Jawa", perubahan itu sebagai politis dari Prabu Jayabaya untuk memutarbalikkan fakta.



Di mana Prabu Jayabaya yang merebut wilayah Janggala dilambangkan sebagai Yudistira (raja Amarta yang berjiwa mulia). Sementara raja Janggala dilambangkan sebagai Doryudana atau raja Hastina yang berwatak jahat.

Sosok Jayabaya memiliki kesadaran betul pada sejarah. Ia menggoreskan warisan dengan mengeluarkan tiga prasasti sejarah yang begitu penting, yakni Prasasti Hantang atau Prasasti Ngantang, Prasasti Talan, dan Prasasti Jepun.

Di Prasasti Hantang yang berangka tahun 1135 Masehi, ditemukan di Ngantang, Kabupaten Malang. Karena ditemukan di Desa Ngantang, maka prasasti ini dinamakan Prasasti Ngantang. Prasasti ini dituliskan dengan huruf kuadrat besar dan berbunyi Panjalu Jayati tersebut memperingati pemberian anugerah Prabu Jayabaya pada penduduk Desa Hantang.

Isi prasasti ini sendiri memperlihatkan kebaktiannya terhadap raja dengan bukti menyerahkan cancu tan pamusu dan cancu ragadaha. Selain itu, mereka tetap setia kepada raja sewaktu terjadi perang saudara. Di prasasti ini juga berisikan perincian anugerah yang pernah diterima oleh penduduk Hantang sewilayahnya dari yang telah dicandikan di Gajapada dan Nagapuspa.

Prasasti Talan berangka tahun 1136 M, ditemukan di Gurit, Babadan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Cap prasasti ini adalah Garudhamukalanca yang berbentuk badan manusia berkepala burung garuda dan bersayap.

Prasasti ini pula yang konon mengilhami lambang burung garuda, sebagai lambang negara Republik Indonesia. Adapun Prasasti Talan berisikan anugerah sima dari Prabu Jayabaya kepada penduduk Desa Talan.

Prasasti ketiga yakni Jepun, yang ditemukan di Jepun, Tegalrejo, Kecamatan Selapuro, Kabupaten Blitar. Prasasti yang terbuat dari batu ini dibuat pada tahun 1066 Saka atau 7 Juli 1144 M. Sayangnya prasasti ini tidak bisa dibaca isinya, sebab mengalami kerusakan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.6833 seconds (0.1#10.140)