Stok Banyak, Mendag Yakin Harga Bahan Pokok Tak Naik Jelang Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 - 15:23 WIB
loading...
Stok Banyak, Mendag Yakin Harga Bahan Pokok Tak Naik Jelang Lebaran 2024
Mendag Zulhas saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Operasi Ketupat 2024 bersama TNI-Polri, Kemenko PMK, dan lainnya di Jakarta, Senin (25/3/2024). FOTO/Riana.
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasanmeyakiniharga bahan pokok tidak akan mengalami kenaikan menjelang Lebaran 2024. Menurut Mendag, stabilitas harga didukung ketersediaan stok bahan pokok.

Hal itu diungkapkan Mendag Zulhas setelah menghadiri rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral Operasi Ketupat 2024 bersama TNI-Polri, Kemenko PMK, hingga Kemenag. "InsyaAllah selama ramadan sampai Lebaran harga tidak naik," ujarnya, Senin (25/3/2024).



Mendag mengatakan stok bahan pokok mencukupi. Dia mencontohkan beras yang jumlahnya memadai, terlebih saat ini hampir panen raya. Demikian pula komoditas lainnya seperti cabai dan bawang menurutnya pasokan terjaga didukung musim yang bagus. Mendag Zulhas pun mengimbau masyarakat tidak membeli bahan pokok secara berlebihan karena stoknya mencukupi.

Namun Mendag mengaku kemungkinan akan terjadinya kenaikan harga masih terbuka jika proses distribusi terhambat akibat memasuki masa arus mudik dan balik. "Maka kami sudah minta pemerintah daerah untuk menggunakan bantuan cadangan tidak terduga untuk subsidi transportasinya," katanya.



Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan stok cadangan pangan telah mencapai 1,2 juta ton. "Saya menyampaikan bahwa cadangan pangan pemerintah sangat cukup, hari ini ada 1,2 juta ton. Kemudian tadi Mendag sudah sampaikan ada kerja sama antardaerah," ucapnya.

Arief juga meyakini proses distribusi bahan pokok tidak akan terkendala berkat adanya aturan Polri yang telah mengecualikan pembatasan angkutan bagi bahan pokok.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)