Kecam Aksi Teror di Moskow, Din Syamsuddin: Pelakunya Tidak Terkait Agama Mana pun

Minggu, 24 Maret 2024 - 07:38 WIB
loading...
Kecam Aksi Teror di Moskow, Din Syamsuddin: Pelakunya Tidak Terkait Agama Mana pun
Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengecam keras aksi teror yang menewaskan lebih 100 orang pada sebuah konser di Moskow, Rusia, Jumat (22/3/2024). Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengecam keras aksi teror yang menewaskan lebih 100 orang pada sebuah konser di Moskow, Rusia, Jumat (22/3/2024).

Aksi teror itu adalah tindakan biadab yang tidak dilakukan oleh orang yang berperiketuhanan dan berperikemanusiaan. Makanya, aksi teror itu tidak terkait agama mana pun.



"Jika ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab dan menyebut diri dari kalangan Islamic States, saya menilai klaim itu bersifat disinformasia atau penyesatan informasi," ujar Din Syamsuddin, Minggu (24/3/2024).

Menurut dia, anggota Grup Visi Strategis Rusia-Dunia Islam ini sulit dipahami kalau ada kelompok Islam yang mengancam Rusia. Hubungan Federasi Rusia dengan Dunia Islam sangat baik dan Presiden Putin sangat bersimpati kepada Islam serta umat Islam.

Bahkan, Federasi Rusia merupakan pengamat (observer) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan memiliki Kedutaan Besar untuk OKI di Jeddah, Saudi Arabia.

"Hubungan Rusia-Dunia Islam sedang mesra dan Islam berkembang pesat di Rusia. Begitu pula, hubungan umat Islam dengan pemeluk Kristen Ortodoks Rusia sangat baik,” ucapnya.

Din Syamsuddin juga pernah mengikuti pertemuan antara sejumlah tokoh Dunia Islam dan Patriach (Petinggi) Gereja Ortodoks Rusia di Kazan dalam suasana akrab.

"Maka, jika ada kelompok yang mengaku Islam sebagai pelaku aksi teror sebagaimana diberitakan media massa asing, sangat tidak masuk akal. Jika ISIS, bukankah kelompok itu sudah menghilang dan bukankah kelompok itu disebut-sebut didukung Amerika Serikat seperti mengemuka pada debat Calon Presiden AS dulu," ujar Guru Besar Politik Islam Global FISIP UIN Jakarta ini.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)