Lima Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Minggu, 24 Maret 2024 - 03:15 WIB
loading...
Lima Keutamaan Membaca Al-Qur’an
Tidak hanya membaca, di bulan Ramadan ini kaum Muslim hendaknya memanfaatkan waktu untuk menghayati kandungan didalamnya karena banyak sekali keutamaan Al Quran. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an, seperti yang difirmankan Allah SWT dalam Al Qur'an Surat ayat 185. Kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam melalui perantara malaikat Jibril pada malam Qadr. Sebagai umatnya, kita wajib meyakini Al-Qur’an sebagai pedoman dan penyempurna hidup.

Allah berfirman, Al-Qur’an akan membawa kita menuju jalan yang paling lurus serta mengabarkan apa saja pahala yang akan didapatkan ketika kita mengerjakan amal kebaikan (QS. Al-Isra ayat 9).

"Untuk itu, umat muslim di bulan Ramadan banyak dianjurkan untuk mengisi dan memperbanyak aktivitas bersama Al-Qur’an. Baik menggunakan mushaf Al-Qur’an maupun melalui aplikasi Qur’an digital yang mudah dibawa kemana saja. Tadarus, menghafal, muraja’ah atau dengan hanya mendengarkannya saja sudah mendapat pahala,"ungkap Ustaz Ahmad Pranggono, dai yang berkhidmat di lembaga Dompet Dhuafa ini.

Tidak hanya membaca, waktu yang Allah berikan seharusnya mampu kita manfaatkan untuk menghayati kandungan didalamnya. Sebab, banyak keutamaan Al Qur'an yang akan kita peroleh, berikut lima di antaranya.

1. Al-Qur’an sebagai syafaat atau penolong di hari kiamat

‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Puasa dan Al-Qur’an akan datang pada hari kiamat untuk mensyafaati hamba. Puasa berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku telah mencegahnya dari makanan dan minuman di siang hari, oleh karena itu izinkanlah aku memberinya syafaat.’ Al-Quran berkata, ‘Wahai Rabb-ku, aku telah mencegahnya tidur malam, oleh sebab itu berilah aku izin untuk memberinya syafaat.’ Maka keduanya pun memberi syafaat” (HR Ahmad, Ibnu Abid Dun-ya, Ath-Thabrani, dan Al-Hakim).

2. Menjadi sebaik-baiknya manusia

Dari Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Sebaik-baiknya kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Tirmidzi)

3. Kelak Bersama Malaikat

Dari Aisyah, radhiyallahu ‘anha, berkata; bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah,” (HR. Bukhari Muslim)

4. Meningkatkan Derajat di Mata Allah

Dari Umar bin Khatab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain (HR.Muslim)

5. Memperoleh Ketenangan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), untuk membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkup rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan mahluk-Nya yang berada di dekat-Nya (para malaikat)” (HR.Muslim)

Semoga kita mampu menjadi umat Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam yang menghidupkan Al-Qur’an dan mendapatkan syafa’atnya di dunia maupun di akhirat.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)