Penginapan di Yerusalem Ini Menyediakan Makan Berbuka Gratis Sejak Era Ottoman

Sabtu, 23 Maret 2024 - 18:36 WIB
loading...
Penginapan di Yerusalem Ini Menyediakan Makan Berbuka Gratis Sejak Era Ottoman
Karyawan Haseki Sultan Lodge sedang memasak untuk melayani mereka yang ingin berbuka puasa. Foto/Ilustrasi: Daily Sabah
A A A
Haseki Sultan Lodge adalah sebuah penginapan Ottoman yang dibangun berabad-abad lalu di Yerusalem . Penginapan ini menyediakan makanan bagi ratusan orang yang membutuhkan di tiap bulan suci Ramadan .

Berdirinya penginapan ini atas perintah Hürrem Sultan, istri Sultan Suleiman yang Agung, pada tahun 1552. Bangunannya berdiri hanya 100 meter dari Gerbang Majlis Masjid Al-Aqsa .

Disebut sebagai "pintu kebajikan yang selalu terbuka" oleh Kekaisaran Ottoman, penginapan ini menyiapkan dan mendistribusikan makanan kepada keluarga yang membutuhkan sepanjang tahun, secara gratis.



Selama Ramadan, Haseki Sultan Tekke menawarkan menu harian yang terdiri dari sup, daging, nasi, dan sayuran kepada ratusan orang, membuka pintunya bagi semua orang, tanpa memandang latar belakang Muslim atau Kristen.

Bessam Abu Lubde, direktur penginapan tersebut, menyatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa Hürrem Sultan memutuskan untuk membuka dapur umum tersebut selama kunjungannya ke Yerusalem.

Lubde menyebutkan bahwa setelah serangan Gaza yang dimulai pada 7 Oktober, mereka melihat keluarga dan individu dari Palestina datang ke penginapan yang belum pernah mereka lihat sebelumnya. Dia menjelaskan situasi ini dengan mengatakan, "Karena banyak toko di Yerusalem tutup, keluarga-keluarga kini menjadi lebih miskin karena kurangnya wisatawan dan pengunjung."

Lubde menyatakan bahwa Direktorat Jenderal Yayasan Islam di Yerusalem dan beberapa organisasi bantuan lainnya menanggung sebagian besar biaya makanan, dan mereka juga menerima sumbangan dari berbagai negara, serta zakat dan amal dari para dermawan selama Ramadan.

Menyoroti bahwa pondok tersebut "diberkati" dan tidak pernah ditutup, Lubde mengatakan bahwa mereka membantu mereka yang membutuhkan yang tinggal di Yerusalem dan sekitarnya, dan menerima sumbangan, amal dan zakat dari Muslim yang tinggal di Türkiye, negara-negara Arab dan negara-negara lain.



Ditanggung Para Dermawan

Penginapan Haseki Sultan terdiri dari dapur yang berfungsi sebagai dapur umum, oven, ruang makan, ruang bawah tanah tempat menyimpan perbekalan, kandang tempat kuda diikat, dan masjid yang kemudian dimasukkan ke dalam bangunan atas perintah dari Hurrem Sultan.

Dinyatakan bahwa biaya pondok, yang ditanggung oleh toko-toko yang disumbangkan oleh negara Ottoman sebelum dimulainya pendudukan Israel pada tahun 1948, saat ini dibiayai oleh anggaran yang dialokasikan oleh Direktorat Jenderal Yayasan Islam dan sumbangan dari para dermawan. Israel menyita toko-toko.

Sebagai bagian dari Perjanjian Perdamaian Wadi Araba yang ditandatangani dengan Israel pada tahun 1994, tekke berafiliasi dengan Kementerian Wakaf (Wakaf) Yordania yang bertanggung jawab atas urusan agama di Yerusalem.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)