Posko Bela Negara Kemhan Bantu Bencana di Palu dan Donggala

Selasa, 09 Oktober 2018 - 16:23 WIB
Posko Bela Negara Kemhan Bantu Bencana di Palu dan Donggala
Posko Bela Negara Kemhan Bantu Bencana di Palu dan Donggala
A A A
PALU - Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) dan disusul Tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) memakan ribuan korban, baik meninggal, luka berat dan masih terus bertambah karena masih banyak korban yang masih belum ditemukan.

Bukan saja nyawa, kerusakan disebagian besar bangunan dan infrastrukturpun terjadi Kampung Petobo, kabupaten Sigi yang terletak di dekat perbatasan Palu dinyatakan menghilang tertimbun lumpur, banyak fasilitas publik seperti sekolah perkantoran, jalan-jalan dan rumah ibadah rusak akibat gempa dan Tsunami saat itu.

Pemerintah melalui Kementrian Pertahanan Republik Indonesia membentuk posko bela negara yang mendisribusikan logistik untuk para korban, baik obat obatan, makanan, minuman, selimut serta kebutuhan lainnya.

Dalam pendistribusiannya, posko bela negara tidak hanya di daerah perkotaan yang terkena gempa tetapi juga ke daerah-daerah yang terdapat pengungsi di daerah terpencil, dengan jangkauan dan akses menuju ke tempat tersebut masih sangat sulit, seperti wilayah-wilayah Biromaru, Tawaili, dan juga Patobo.

"Kami hingga saat ini masih melakukan pembersihan puing puing akibat gempa yang terjadi, baik di jalan, di desa-desa dan turun juga dalam pencarian korban yang belum di temukan, bekerja sama dengan alumni PCTA, dan menwa," kata Pejabat Perwakilan Kementerian Pertahanan Prov. Sulawesi Tengah Kol. Inf. Ikram Paputungan.

Kol. Inf. Ikram menjelaskan posko bela negara ini akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat dan berupaya semaksimal mungkin untuk terus memulihkan kondisi Palu dan Donggala paska bencana gempa dan Stunami.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3802 seconds (0.1#10.140)