Beda dengan Prancis, Inggris Tak Mau Berperang Melawan Rusia

Kamis, 21 Maret 2024 - 15:09 WIB
loading...
Beda dengan Prancis, Inggris Tak Mau Berperang Melawan Rusia
Inggris tak mau berperang melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - London tidak berencana mengirim pasukan untuk melawan Rusia bersama tentara Ukraina. Itu ditegaskan juru bicara pemerintah Inggris kepada kantor berita TASS.

Komentar tersebut muncul setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dia tidak akan mengesampingkan kehadiran pasukan NATO di wilayah Ukraina, seiring dengan berlanjutnya konflik antara Kiev dan Moskow.

Pemimpin Prancis tersebut awalnya melontarkan gagasan tersebut pada akhir Februari dan kemudian menggandakannya dengan menggambarkan Rusia sebagai “musuh.” Namun dia membantah bahwa Paris “berperang” melawan Moskow.

Menyusul pernyataan Macron, Le Monde melaporkan bahwa Prancis telah mempertimbangkan gagasan untuk mengerahkan pasukan setidaknya sejak Juni 2023.

Kepala Badan Intelijen Luar Negeri (SVR) Rusia, Sergey Naryshkin, mengatakan pada hari Selasa bahwa Paris sedang bersiap untuk mengirim sekitar 2.000 tentara ke Ukraina.

London tidak memiliki rencana seperti itu, kata juru bicara kantor Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak kepada TASS. "Tentara Inggris tidak akan bertarung berdampingan dengan tentara Ukraina," kata pejabat itu. Dia menambahkan bahwa pemerintah telah mengesampingkan “pengerahan militer besar-besaran.”



Pemerintah Inggris mengatakan kepada wartawan bulan lalu bahwa mereka tidak akan mengirimkan pasukan tambahan “melebihi jumlah personel yang kami miliki di negara tersebut untuk mendukung angkatan bersenjata Ukraina.”

Mengomentari kemungkinan pengerahan NATO ke Ukraina awal pekan ini, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa ini akan menjadi “satu langkah lagi menuju Perang Dunia III skala penuh.”

Negara-negara anggota NATO juga mengatakan mereka tidak berencana mengirim pasukan ke Ukraina. Blok yang dipimpin AS telah menyatakan bahwa mereka tidak ingin menjadi pihak dalam konflik tersebut, namun akan terus mendukung Kiev dengan senjata dan uang “selama diperlukan.”

Rusia telah memperingatkan bahwa pengiriman senjata Barat telah membuat negara-negara NATO menjadi partisipan de facto dalam konflik tersebut dan berisiko meningkatkan eskalasi lebih lanjut. Putin mengatakan bulan lalu bahwa Moskow tidak berniat menyerang anggota NATO, kecuali jika mereka diserang terlebih dahulu.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)