Hadiri Jambore Pemuda, Menpora Menari Dincak

Minggu, 07 Oktober 2018 - 04:12 WIB
Hadiri Jambore Pemuda, Menpora Menari Dincak
Hadiri Jambore Pemuda, Menpora Menari Dincak
A A A
PANGKALPINANG - Mengenakan kaos berkerah berwarna merah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menari tarian dincak di Halaman Gedung Olahraga (GOR) Junjung Besaoh dan Sport Center di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung (Babel), Sabtu (6/10/2018).

Dalam kunjungannya, Menpora didampingi Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer, dan sejumlah pejabat dari Provinsi Babel dan Kabupaten Bangka Selatan.

Saat datang, Menpora disuguhi tarian Dincak Dambus. Dia terlihat antusias menyaksikan tarian tersebut. saat sedang menari beberapa penari lalu mengajak Imam dan sejumlah pejabat untuk menari bersama, dengan lekukan tangan dan kaki mengangkat seraya ke atas

Tampak semangat, Menpora langsung menari sekitar 3 menit bersama penari Dincak dengan alunan khas melayu yang merupakan tarian daerah dari Bumi Serumpun Sebalai ini.
Kehadiran Menpora untuk membuka Jambore Pemuda Indonesia (JIP) 2018, yakni pertemuan akbar bagi pemuda pemudi terbaik se Indonesia yang digelar Kemenpora.

"Kali ini saya hadir dalam acara Jambore Pemuda Indonesia dari berbagai Provinsi di seluruh Indonesia, dan tadi saat penyambutan saya diajak Pak Bupati untuk menari Dincak Dambus," ujar Menpora dalam sambutannya di Toboali, Bangka Selatan, Sabtu (6/10/2018).

Menurut dia, keberagaman budaya di Indonesia sangat banyak, seperti tarian daerah perlu dieksplorasi.

Dia mengungkapkan acara JIP ini diikuti oleh perwakilan 33 provinsi. "Namun untuk saudara-saudara kita di Palu Sulteng tidak hadir karena bencana. Mari kita doakan segera cepat selesai dan bangkit lagi," Imam mengamini.

Imam juga mengajak pemuda pemudi untuk selalu saling menjaga dan mengawal satu sama lainnya. "Ciri pemuda Indonesia itu mengawal demi kebaikan bangsa Indonesia. Sebab, perjuangan yang kita lalui hari ini harus persis dengan perjuangan atlet Asian Games 2018 yang sudah berjuang. Kita ranking 4 dalam event internasional tersebut, karena kehebatan pemuda dan atletnya," tutur Imam.

Menpora pun mendoakan para pemuda agar tetap semangat dan selamat berjambore pemuda se Indonesia di Bangka Belitung. Mereka akan dilatih dalam kegiatan sosial untuk berlatih bertanggung jawab, disiplin, dan mereka harus menjadi contoh yang mandiri, kreatif, dan inovatif .

"Sementara tantangan dalam Jambore, pemuda harus menyiapkan fisik dan mental karena mereka di sini selama 6 hari. Tentunya harus bisa berbaur satu sama lain. Di sini banyak perbedaan agama, suku, budaya dan mereka dipertemukan untuk saling mengenal, mencintai dalam Bhineka Tunggal Ika dalam NKRI," tutur Imam.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7616 seconds (0.1#10.140)