Idulfitri 2024 Diperkirakan Seragam, Kemenag: Kita Tunggu Sidang Isbat

Selasa, 19 Maret 2024 - 18:34 WIB
loading...
Idulfitri 2024 Diperkirakan Seragam, Kemenag: Kita Tunggu Sidang Isbat
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengajak masyarakat untuk menunggu Sidang Isbat yang akan digelar pada 9 April 2024 untuk menentukan Idulfitri 2024. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan bahwa posisi hilal diprediksi terlihat pada 9 April 2024. Sehingga Idulfitri akan jatuh pada Rabu 10 April 2024 mendatang.

Merespons hal tersebut, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengajak masyarakat untuk menunggu Sidang Isbat yang akan digelar oleh pemerintah pada 9 April 2024 mendatang.


"Pelaksanaannya Sidang Isbat Insya Allah tanggal 9 (April), kita tunggu Sidang Isbat potensinya iya (sama) tapi kita tunggu Sidang Isbat," ujar Kamaruddin kepada wartawan di Kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (19/3/3024).

"Sidang yang menetapkan jadi pemerintah punya kewenangan untuk menetapkan kapan Idulfitri kapan Ramadan jadi kita tunggu," sambungnya.

Sidang Isbat bakal dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Nantinya turut mengundang para stakeholder, ormas Islam, hingga duta besar negara sahabat.

"Sama sih seperti biasa juga jadi melibatkan ormas dan semua stakeholder, MUI ormas-ormas Kementerian Agama dan juga seterusnya dilaksanakan Insyaallah tanggal 9 (April)," jelas dia.

Sebanyak 134 lokasi di seluruh wilayah Indonesia ditetapkan sebagai titik rukyatul hilal sebagai persiapan untuk melaksanakan Sidang Isbat penentuan Lebaran 2024 ini.

"Kurang lebih sama dengan sebelum-sebelumnya 134 titik," ucapnya.



Namun jika ada perbedaan, dia meminta agar masyarakat dapat menghargai perbedaan. "Biasanya kalau ada perbedaan kita mengimbau masyarakat agar bisa menerima perbedaan. Kalau ini kan kita tunggu Sidang Isbat dulu," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)