alexametrics

Seminar Diginesia di UMSIDA Tingkatkan E-Commerce Indonesia

loading...
Seminar Diginesia di UMSIDA Tingkatkan E-Commerce Indonesia
Seminar Diginesia di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Jawa Timur dipadati 250-an peserta dari berbagai fakultas, Rabu (3/10/2018).
A+ A-
SIDOARJO -  Seminar Diginesia di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Jawa Timur dipadati tidak kurang dari 250-an peserta dari berbagai fakultas di perguruan tinggi tersebut, Rabu (3/10/2018).

Seminar menghadirkan dua pembicara, yakni Riezka Rahmatiana pemilik brand Pisang Ijo Jusmine serta Salman Al Farisy, seorang praktisi digital marketing. Riezka berbagi pengalaman tentang bagaimana dia memulai bisnis, jatuh bangun yang dia alami sampai berhasil menciptakan brand Pisang Ijo Justmine, sebuah produk olahan pisang ijo menjadi jus.



Sedangkan Salman, memaparkan perkembangan bisnis dalam jaringan dan trik memasarkan produk melalui media internet.

Fajar Muharram, dari Fakultas Teknik UMSIDA sekaligus pionir Seminar Diginesia memaparkan, ada dua target utama seminar, yakni mahasiswa yang sudah punya bisnis dan mahasiswa yang ingin mulai berbisnis.

“Bagi mahasiswa yang sudah punya bisnis, seminar ini tentu akan memberi wawasan bagaimana mengembangkan dari sisi pengemasan produk dan pemasaran. Sedangkan bagi mahasiswa yang ingin berbisnis, seminar ini akan memberi panduan tahapan-tahapannnya,” kata Fajar.

Bagaimana cara mengembangkan usaha dan memperluas pasar, membuat desain produk yang menarik. Hal-hal inilah menurut Fajar yang sangat menarik perhatian para mahasiswa yang berbisnis. Mereka sangat antusias mengajukan pertanyaan seputar pemasaran dan mengelola brand supaya lebih dikenal luas.  

“Seminar bisnis semacam ini sekurangnya mendekontruksi kesadaran untuk mencari pekerjaan setamat kuliah. Mahasiswa sekarang setamat kuliah harus menciptakan sendiri lapangan pekerjaan,” kata Fajar.

Mahasiswa adalah penyumbang angka pengangguran. Dengan program Seminar Diginesia diharapkan mahasiswa menggali potensi dirinya untuk berbisnis. Menurut Fajar para pemateri seminar sangat komunikatif f dalam menyampaikan materi-materinya.   

Seminar Diginesia merupakan rangkaian dari program Sindonews Digination kerja sama Pro Indonesia yang bertujuan menciptakan UMKM berbasis digital yang tangguh, sejalan dengan program pemerintah meng-online-kan 8 juta UMKM pada 2020  dengan nilai transaksi mencapai 130 miliar USD atau Rp1,8 triliun.

Sindonews Digination merupakan program kompetisi untuk menjaring para mahasiswa mengembangkan bisnis berbasis digital. Seminar Diginesia sendiri digelar di 10 kampus di 10 kota di Indonesia. Seminar akan dilanjutkan dengan workshop bagi peserta yang terpilih untuk berkompetisi dan memperebutkan penghargaan yang akan digelar 16 November 2018 di Jakarta.   
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak